Pasific Pos.com
Headline Kabupaten Jayapura

Ini Harapan Kapolres Jayapura Ketika Meresmikan Rumah Gabus di Distrik Kemtuk

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., didampingi Kapolsek Kemtuk Iptu Usriyanto, SE, Kasat Binmas Polres Jayapura Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH, Kepala Distrik Kemtuk Evans A. Yoku, S.STP, Ondoafi Kampung Sama Saul Wasio, tokoh adat, kepala kampung, tokoh masyarakat dan 25 anak-anak peserta didik dari program Rumah Gabus di wilayah Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura saat melakukan foto bersama  

SENTANI – Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H meresmikan Rumah Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang berada di Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura.

Peresmian yang dilakukan pada Kamis (28/4) siang itu, disaksikan oleh Kapolsek Kemtuk Iptu Usriyanto, SE, Kasat Binmas Polres Jayapura Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH, Kepala Distrik Kemtuk Evans A. Yoku, S.STP, Ondoafi Kampung Sama Saul Wasio, tokoh adat, kepala kampung, tokoh masyarakat dan 25 anak-anak peserta didik dari program Rumah Gabus di wilayah Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura, ditandai dengan penabuhan Tifa.

“Kami berharap dengan adanya Rumah Gabus ini, jangan ada lagi generasi Papua yang buta aksara. Kita manfaatkan rumah ini untuk generasi papua, mimpi Polres Jayapura hanya satu yakni, jangan ada lagi generasi Papua yang buta aksara,” harap Kapolres dalam sambutan nya.

AKBP Fredrickus berkeinginan agar ke depan rumah Gabus tersebut tidak hanya untuk proses belajar anak-anak, namun dapat juga dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan mama-mama terutama keterampailannya dalam membuat sesuatu yang dapat memberikan manfaat ekonomi bagi keluarganya.

“Jadi tidak hanya untuk proses belajar anak, tapi ke depan kita juga akan menggandeng pihak-pihak berkompeten untuk mengajarkan mama-mama dorang yang ingin belajar, untuk menghasilkan kreasi atau inovasi kreatif. Sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi keluarganya,” pungkas Kapolres Jayapura.

Tak lupa Kapolres mengucapkan terima kasih kepada warga dan Kepala Distrik Kemtuk, yang telah membantu pihak Kepolisian dalam menyediakan rumah Gabus ini.

Sementara itu, dalam laporannya, Kapolsek Kemtuk Iptu Usriyanto, SE., mengungkapkan, rumah gerakan baca tulis atau Gabus ini awalanya merupakan tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), tetapi sudah tidak digunakan sejak dari dua angkatan di PAUD tersebut.

“Setelah itu, kami berkoordinasi dengan kepala distrik. Di mana, saat itu ada pertemuan di distrik dan kebetulan hadir semua kepala kampung. Saat kami berkoordinasi, kepala distrik bersedia untuk kami buat rumah Gabus ini. Jadi kami berkoordinasi setelah ada perintah dari pimpinan kami untuk membuat rumah baca dan tulis, ,” jelas Iptu Usriyanto.

Pria yang akrab disapa Usri, menuturkan bahwa kepala distrik sangat antusias menerima penyapaian yang ia sampaikan. “ Dengan cara mempersilahkan kami untuk rehab dan benahi tempat PAUD ini guna dijadikan rumah baca. Sehingga hari ini baru kami adakan peresmian rumah baca tersebut setelah melaporkan ke pak Kasat Binmas,” ujarnya di depan Kapolres Jayapura.

Iptu Usriyanto juga menambahkan, dengan adanya Rumah Gabus ini yang buta aksara di umur 16 tahun dan 17 tahun, termasuk yang sudah mengikuti paket A, B dan C itu bersedia datang ke rumah baca ini untuk diajar baca dan tulis dalam sepekan tiga kali.

“Itu semua sudah disetujui oleh kepala kampung di 12 kampung yang ada di Distrik Kemtuk ini. Jadi, ada satu atau dua orang di setiap kampung yang bersedia untuk datang belajar baca setelah dibukanya rumah Gabus ini,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Distrik Kemtuk, Evans A. Yoku, S.STP, mengucapkan terima kasih dan juga mengapresiasi Kapolres Jayapura yang telah hadir untuk meresmikan Rumah Gerakan Baca Tulis (Gabus) di Distrik Kemtuk.

“Suatu kehormatan bagi kami warga Distrik Kemtuk atas kehadiran bapa Kapolres di wilayah Distrik Kemtuk. Mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Bupati Jayapura, saya Kepala Distrik Kemtuk memberi apresiasi kepada Polres Jayapura, yang telah membantu mendukung pemerintahan dalam pelayanan dasar khususnya di bidang pendidikan untuk mengentaskan buta aksara di wilayah kami,” ucap Kadistrik.

Menurutnya,Program Gabus ini sangat bagus untuk penutasan buta aksara di wilayah yang ia pimpin tersebut. Sebab disini banyak anak-anak, orang tua dan anak muda yang putus sekolah serta kurang mendapatkan waktu belajar di sekolah nya masing-masing.

“ Oleh karena itu, dikesempatan ini sekali lagi saya sampaikan terima kasih kepada bapak Kapolres dan jajaran. Semoga dengan adanya rumah Gabus ini, buta aksara di Distrik Kemtuk dapat berkurang,” harap Kadistrik Evans.

Dikesempatan itu, Kadistrik juga mengimbau kepada seluruh kepala kampung untuk ikut mendukung program rumah Gabus yang di gagas oleh Binmas Noken tersebut.

“ Karena ini adalah satu dasar dalam plan Pemerintahan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) kita terutama dalam pemahaman membaca dan menulis di Distrik Kemtuk sehingga program ini harus kita dukung bersama-sama,” ajaknya.