Pasific Pos.com
Headline Kota Jayapura

HUT ke-59 Kodam XVII/Cenderawasih, TNI Polri, Pemkot dan Masyarakat Bersihkan Kota Jayapura

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E saat membuka kegiatan karya bhakti dalam rangka HUT Kodam XVII/Cenderawasih.

Jayapura – Memasuki usia ke-59 tahun Kodam XVII/Cenderawasih dalam pengabdiannya, kembali menunjukkan eksistensinya peduli terhadap lingkungan dan masyarakat di wilayah Papua.

Kali ini dalam memperingati terbentuknya Kodam XVII/Cenderawasih menggelar karya bakti bekerjasama Polda Papua, Pemerintah Kota Jayapura, Organisasi Masyarakat, Perbankan dan masyarakat melaksanakan pembersihan di Kota Jayapura Papua, Kamis (12/5/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam XVII/Cenderawasih mengungkapkan dalam memperingati hari ulang tahun ke-59 pada tanggal 17 Mei 2022 menggelar karya bakti dengan melakukan pembersihan lingkungan Kota Jayapura.

“Pelaksanaan pembersihan Kota Jayapura diawali apel bersama di Taman Imbi Kota Jayapura, dibuka dan dipimpin oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., didampingi Walikota Jayapura yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura, Ibu Widhi Hartanti,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih.

“Hadir dalam kegiatan ini, Personel TNI, Brimob Polda Papua, Pegawai Pemkot Jayapura, Personel dari Orari dan Organisasi Masyarakat serta keagamaan dari Budha Suci, didukung pula Perbankan dari Bank Indonesia, Bank Papua, Bank BRI, Bank Mandiri dan Mayapada,” tambahnya.

Ramai dan antusiasnya yang hadir pada kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan Kota Jayapura, menunjukkan jati diri Kodam XVII/Cenderawasih sebagai Tentara Rakyat dan peduli terhadap lingkungan dan kondisi sosial kemasyarakatan.

Sementara itu dalam sambutannya saat membuka dan memimpin kegiatan karya bakti, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., mengatakan tema HUT Kodam XVII/Cenderawasih yakni Kodam XVII/Cenderawasih bersama masyarakat Papua menyongsong kehidupan yang aman dan damai. Oleh karenanya, semua pihak bertanggungjawab menjaga lingkungan yang bersih.

“Saya berharap, kepada yang hadir termasuk masyarakat. Bukan hanya pada saat kegiatan karya bakti ini saja melakukan pembersihan, tetapi setiap hari masyarakat Kota Jayapura tetap menjaga kebersihan sehingga masyarakat sehat dan sejahtera, karena kebersihan itu adalah bagian dari hidup manusia, supaya di dalam lingkungan kita bersama, terdapat jiwa yang bersih dan kelihatan indah,” kata Kasdam XVII/Cenderawasih.

Di tempat yang sama, Walikota Jayapura yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jayapura, Ibu Widhi Hartanti mengatakan karya bakti yang dilakukan oleh Kodam XVII/Cenderawasih dengan menginisiasi bersih-bersih Kota Jayapura tentunya ikut membantu Pemkot Jayapura dalam hal kebersihan.

“Kebersihan bukan tanggungjawab semata dari Pemkot Jayapura saja, melainkan tugas semua pihak. Pemkot Jayapura sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh Kodam XVII/Cenderawasih dan semua jajarannya,” ucap Asisten II Ibu Widhi Hartanti.
M
“Apa yang dilakukan Kodam XVII/Cenderawasih menjadi inspirasi kita bersama, instansi lainnya dan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan, khususnya kebersihan,” tutup Ibu Widhi Hartanti.