Pasific Pos.com
Headline Nasional

Gelar Media Workshop, BPJS Kesehatan Beri Penghargaan kepada Jurnalis

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti (kiri) dan Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf saat menyampaikan sambutan secara daring dalam kegiatan Media Workshop, Kamis (28/10/2021).

Jayapura – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar media workshop selama dua hari, Kamis dan Jumat (28-29 Oktober 2021) secara daring.

Kegiatan Media Workshop diawali dengan pengumuman pemenang Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan tahun 2021, dan secara resmi dibuka oleh Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf.

Pada Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan tahun 2021, diikuti 153 peserta dari media lokal dan nasional.

Adapun pemenang lomba yakni juara 1 kategori media cetak diraih oleh Truly Okto Hasudungan P dari Tribun Medan, Kategori media online diraih oleh Siti Masudah Isnawati dari Suaramerdeka.com, Juara 1 kategori foto diraih oleh Sukirman dari Koran Sindo, kategori jurnalistik televisi diraih Jimmy Mashuri dari RTV, dan kategori radio diraih oleh Mukorobin.

Kegiatan media workshop diikuti kurang lebih 700 jurnalis dari seluruh wilayah kerja BPJS Kesehatan di Indonesia dengan tema “Tahun 2021, Program JKN-KIS Kian Inovatif di Era Disruptif”.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan, BPJS Kesehatan memerlukan peran insan media untuk menyampaikan informasi yang benar, berimbang dan aktual kepada masyarakat, terkhusus kepada peserta JKN – KIS terkait kebijakan dan inovasi serta layanan BPJS Kesehatan.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh rekan – rekan media yang telah memberikan informasi yang benar, berimbang mengenai betapa pentingnya program JKN – KIS bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tidak saja dalam peningkatan kesehatan, tetapi juga kesejahteraan masyarakat,” kata Ali Ghufron.

Sementera itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf mengatakan, pihaknya menyadari bahwa media massa merupakan salah satu sumber informasi terpercaya dalam membentuk opini masyarakat.

“Media massa dapat menyampaikan informasi JKN – KIS secara benar dan berimbang, maka diperlukan pula pemahaman yang baik mengenai program JKN – KIS, bagaimana pengelolaannya oleh BPJS Kesehatan serta bagaimana peranannya dalam penanganan Covid-19,” jelas Iqbal.

Hari pertama Media Workshop dengan tema “Peran BPJS Kesehatan dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19” menghadirkan narasumber Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, dr.Pandu Riono, dan Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti.

Hari kedua yang mengangkat tema “Menjaga Keberlangsungan Program JKN – KIS” akan menghadirkan narasumber Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun, Muttaqien selaku Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional, dan Pakar Asuransi Kesehatan Universitas Indonesia, Budi Hidayat. (Zul)