Pasific Pos.com
Headline PON Papua 2021

Farrel Tangkas, Sang Pemegang Rekor Hadiahi 2 Medali Renang untuk Papua

JAYAPURA – Perenang nasional, Farrel Tangkas yang memperkuat kontingen Papua di disiplin olahraga renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akhirnya membuktikan dirinya sebagai salah satu unggulan yang patut diperhitungkan.

Farrel Armandio Tangkas, langsung menyumbangkan dua medali bagi kontingen Papua di hari pertama perlombaan renang PON XX yang berlangsung di Venue Akuatik, Kompleks Olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10/21).

Farrel menyabet 1 medali emas di nomor spesialisasinya yakni 200 meter gaya punggung putra dan 1 medali perak di nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putra.

Sedari jauh hari, Farrel memang disiapkan sebagai unggulan tim renang Papua di PON XX. Statusnya adalah perenang nasional yang juga merupakan pemegang rekor.

Perenang muda kelahiran Surabaya, 22 Desember 2001 itu direkrut oleh Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Papua untuk menginfluence para perenang lokal, mengingat masih minimnya minat olahraga renang di Papua.

Farrel memang baru menjalani debutnya di PON XX bersama kontingen Papua. Namun, nama Farrel sudah cukup dikenal karena prestasinya di level nasional hingga internasional sudah cukup menonjol.

Sejumlah prestasi yang pernah ia dapat di antaranya medali perak SEA Games 2019 di Filipina, dua medali emas Kejuaraan ASEAN School Games tahun 2019. Ia juga merupakan perenang yang pernah mencatatkan rekor nasional di ajang Jakarta Swimming Championship tahun 2019.

Di ajang tersebut, Farrel mencatatkan rekor nasional di nomor 200 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 2 menit 01,16 detik. Sebelum mencatatkan rekor nasional itu, Farrel juga sempat membuat rekor nasional di ajang SEA Age Group Filipina tahun 2018.

“Saya bergabung dengan kontingen Papua sejak tahun 2019. PON XX menjadi PON pertama saya. Di SEA Games 2019 saya mendapat medali perak, lalu di Asean School Games 2019 juga saya memperoleh dua emas. Saya pemegang rekor nasional di 200 meter gaya punggung putra tahun 2019,” kata Farrel.

Di PON pertamanya ini, Farrel ingin mempersembahkan prestasi terbaik bagi kontingen Papua di rumah sendiri.

“Target untuk PON Papua ini saya hanya menargetkan yang terbaik, optimis pun sudah menjadi kewajiban saya sebagai atlet agar dapat tampil dengan maksimal di PON XX ini,” pungkasnya.

Selain medali emas yang diraih oleh Farrel di hari pertama perlombaan renang PON XX, medali emas juga diraih oleh perenang Triadi Fauzi (Jawa Barat) di nomor 50 meter gaya bebas putra, Aflah Fadlan Prawira (Jawa Barat) nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putra, AA Istri Karnia Ratih (DKI Jakarta) nomor 50 meter gaya bebas putri, Nurul Fajar Fitriyati (Jawa Timur) nomor 200 meter gaya punggung putri, Azzahra Permatahani (Riau) nomor 400 meter gaya perseorangan putri, dan beregu Jawa Timur di nomor 4×200 gaya besar estafet putri.

Disiplin renang masih akan memperlombakan 15 nomor putra dan 15 nomor putri di hari kedua, Minggu (10/10/21) dan hari ketiga, Senin (11/10/21). (humas pb pon papua)

Artikel Terkait

Perenang Putra DKI, Gagarin Pecahkan Rekor Gaya Dada Putra 200 Meter

Bams

Kontingen Jatim Raup Emas Renang Perairan Terbuka 3 Km

Bams

Jabar dan Jatim Berbagi Emas di Renang Perairan Terbuka

Bams

PON XX, Papua Turunkan 14 Perenang

Bams

PRSI Dukung Papua Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Renang

Bams