Pasific Pos.com
Headline

Dubes Australia Bertemu Kapolda Papua Sampaikan Hal Ini

Duta Besar Australia untuk Indonesia, HE Penny Williams (kiri) Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Jayapura – Pemerintah Australia melalui Duta Besarnya, HE Penny Williams bertemu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dan Ka Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani di ruang kerja Kapolda Papua.

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Australia menyampaikan apresiasi pembangunan hingga keamanan di Papua.

Penny Williams pada kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah Australia sangat mengapresiasi pembangunan di Papua yang cukup maju dan berkembang pesat serta penanganan situasi keamanan di Papua yang sangat baik.

“Pembangunan di Papua yang berkembang dengan cepat dan penanganan keamanan yang sangat baik ini, merupakan hal yang positif dan tentunya kami memberikan apresiasi,” kata Penny usai pertemuan, Senin (26/2/2024).

Dia mengatakan bahwa kerjasama antara Polri dan Australian Federal Police (AFP) telah dinilai baik. Sehingga pihaknya mengharapkan untuk dipertahankan.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan bahwa pembangunan di Papua telah menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Akses jalan di papua hampir mencapai 90 persen sudah terkoneksi dan untuk keamanan di Papua sendiri, cukup kondusif dikarenakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sudah jarang melakukan gangguan keamanan.

“Kedepanya, kami pandang perlu adanya program pertukaran Bhabinkamtibmas agar sama-sama kita membuka wawasan tentang situasi daerah Papua dan Australia,” kata Kapolda.