Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

DPW Partai PAN Papua Resmi Serahkan SK PAW Unsur Pimpinan DPRD Yalimo

Ketua DPW PAN Provinsi Papua, Sinut Busup didampinggi Sekretaris DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairussy, S, Sos, MM dan Ketua DPD PAN Yalimo, Nahum Mabel, menyerahkan SK Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Yalimo kepada Sekretaris DPD PAN Kabupaten Yalimo, Yason Wabub. (foto Tiara).

Jayapura : Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/160/VI/2022 tentang Penggantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPRD Kabupaten Yalimo dari Fraksi PAN, sisa masa jabatan periode 2019 – 2024.

Berdasarkan hal tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua dengan resmi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/100/VI1/2019 tertanggal 31 Juli 2019 tentang Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Yalimo dari Fraksi Partai Amanat Nasional Periode 2019-2024 atas nama Nahum Mabel, SH yang mengundurkan diri dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Yalimo.

Dimana SK tersebut diserahkan langsung oleh Ketua DPW PAN Provinsi Papua, Sinut Busup didampinggi Sekretaris DPW PAN Papua, Yulianus Rumbairussy, S, Sos, MM kepada Sekretaris DPD PAN Kabupaten Yalimo, Yason Wabub yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Yalimo.

Dan kini diajukan menjadi Calon Wakil Ketua I DPRD setempat, untuk mengantikan Ketua DPD Partai PAN Yalimo Nahum Mabel, SH yang mengundurkan diri dari Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Yalimo.

“Hari ini kami telah menyerahkan SK definitif untuk segera proses pelantikan Wakil ketua I DPRD Kabupaten Yalimo,” kata Ketua DPW PAN Provinsi Papua Sinut Busup kepada Pasific Pos usai menyerahkan SK di Kantor Sekertariat DPD PAN, Abepura, Kota Jayapura, Jumat, 10 Juni 2022, malam.

Untuk itu, lanjut Sinut Busup, yang akan menjadi Wakil Ketua I DPRD Yalimo adalah saudara Yason Wabub, yang mana sudah 3 periode menjabat sebagai Sekretaris DPD PAN Kabupaten Yalimo.

“Selain itu, beliau ini juga sebagai anggota DPRD Yalimo. Jadi SK sudah kita serahkan malam ini dan ini sesuai amanat dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai PAN, bahwa kalau ketua tidak terpilih maka kita ajukan sekretaris,” jelasnya.

Diakui, jika DPRD Yalimo, kepemimpinan Wakil I DPRD Yalimo telah vakum selama 2 tahun. Sebab sejak Nahum Mabel mundur dari jabatan sebagai Wakil Ketua I, hanya tinggal dua unsur pimpinan saja. Sehingga untuk membantu kerja-kerja pimpinan dan hal-hal politik demi kepentingan daerah, maka pihaknya sepakat mendorong agar kekosongan itu harus segerah diisi.

“Kita juga sudah menyurati DPP dengan pimpinan pusat, mereka pun sudah menyetujui dan sudah menyerahkan SK. Oleh karena itu kami berharap pemerintah daerah dalam hal ini Bupati segera proses SK tersebut di Biro Hukum Provinsi Papua, sehingga prosesnya ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Namun pada kesempatan itu, Sinut Busup juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Yalimo, khususnya di 5 Distrik Kabupaten Yalimo, yakni Distrik Habenaho, Helilim, Apalapsili, Wlarek dan Benawa yang sudah ikut serta dengan rela dan tulus mendukung Partai PAN, yang hingga hari ini Partai PAN bisa eksis di Yalimo.

Perlu diketahui, PWA Yalimo terjadi karena untuk menggantikan Alm. Apner Loho.

“Kami akan dorong Ketua DPD Kabupaten Yalimo Nahum Mabel. Untuk itu masyarakat Yalimo tidak usah berkomentar soal PAW, karena keputusan partai itu mutlak dan harus diterima dengan legowo, “tegas Sinut Busup.

Hal senada dikatakan Sekretaris DPW PAN Provinsi Papua, Yulianus Rumbairussy, S. Sos, MM bahwa, kahusus untuk PAW unsur pimpinan, lantaran terjadi kekosongan yang cukup lama.

“Jadi kami harap dengan adanya SK DPP ini segera diproses sesuai aturan yang berlaku, supaya Pak Yason Wabub sebagai kader PAN yang dipercayakan agar dapat segera menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan kemasyarakatan, tetapi juga harus mendukung partai PAN di Kabupaten Yalimo,” tegas Rumbairussy sapaan akrab dari Wakil Ketua III DPR Papua ini.

Terkait dengan PAW, ketua DPD Partai PAN Yalimo, Nahun Mabel, Rumbairusy menjelaskan jika kini pihaknya sedang memproses.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama SK dari pusat segarah turun, sehingga pak Nahum Mabel juga secepatnya di lantik sebagai anggota DRPD Kabupaten Yalimo,” terangnya.

Sementara itu, Sekretris DPD PAN Kabupaten Yalimo Yason Wabub, sebagai calon Wakil ketua I DPRD, yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten setempat mengucapkan terimaksih kepada teman-teman DPP, DPW, dan DPD PAN yang sudah memberi dukungan dan memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Wakil ketua I DPRD Yalimo.

“Sebagai kader, setelah pelantikan saya akan bekerja bersama pemerintah Yalimo, untuk membangun Yalimo yang lebih baik lagi kedepannya,” tegas Yason.

Masih ditempat yang sama, Ketua DPD PAN Yalimo, Nahum Mabel, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman-teman DPP, DPW, dan DPD PAN. Yang mana diri kembali diberi kepercayaan untuk menjadi Anggota DPRD Yalimo.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Yalimo, agar tetap tenang dan tidak membuat gerakan tambahan. Sebab ini merupakan keputusan partai yang sah dan mutlak sehingga harus diterima dengan jiwa besar dan legowo.

“Apapun yang terjadi masyarakat harus terimah dengan jiwa besar karena ini adalah aturan organisasi partai politik. Bukan kehendak masyarakat, bukan kehendak kita dan bukan kehendak siapa-siapa. Jadi masyarakat di lima distrik yang ada di Kabupaten Yalimo, mari bersatu untuk terimah keputusan ini dengan baik, dan saya siap mendukung Pemerintah untuk membangun Kabupaten Yalimo,” tegas Nahum Mabel. (Tiara).