Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

DPR Papua Kembali Serahkan Bantuan untuk RSUD Jayapura

Bantuan untuk RSUD Jayapura

Jayapura, – Dalam rangka penanganan covid-19, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang membidangi Kesehatan bersama Sekretaris Dewan DPR Papua, DR. Juliana J Waromi, SH.MH kembali menyerahkan bantuan dan minuman sari buah kepada para medis yang khusus menangani pasien covid-19 di RSUD Jayapura, sekaligus memberikan dukungan dan suport bagi paramedis dan dokter yang menjadi garda terdepan dalam menangani covid-19.

Untuk itu, lewat terobosan ini DPR Papua akan terus berkomitmen untuk ikut memerangi penyebaran virus mematikan ini dengan melakukan pengawasan serta penanganan dalam virus corona atau covid-19 di RSUD Jayapura.

Bantuan para medis ini berupa buah-buahan segar serta minuman sari buah, susu bear brand dan masker medis serta sejumlah vitamin, yang diserahkan secara langsung oleh Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Jikwa, SE didampingi Anggota DPR Papua, Nason Utty, SE, Elly Wonda, Feryana Wakerkwa, S.IP.M, Namantus Gwijangge, Sinut Busup dan Sekretaris DPR Papua, DR Juliana J Waromi, SE, M.Si kepada Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giyai, Senin (11/05).

Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Jikwa mengatakan, jika DPR Papua terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap penanganan Covid-19 di RSUD Jayapura.

“Kami sudah beberapa kali melalukan sidak ke RSUD Jayapura dan memang ada beberapa masalah tapi kami sudah mengambil datanya. Kami sudah ajukan ke pimpinan DPR Papua untuk diteruskan ke Pemprov Papua,” kata Timiles Jikwa kepada wartawan usai menyerahkan bantuan.

Yang jelas, lanjut Timiles, bantuan yang diberikan DPR Papua ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap RSUD Jayapura, terutama bagi para medis dan dokter yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, termasuk untuk pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Jayapura.

“Tapi jangan dilihat nilainya. Inilah bentuk kepedulian DPR Papua kepada RSUD Jayapura dalam melayani pasien Covid-19,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan, Anggota DPR Papua, Nason Utty bahwa kedatangan DPR Papua mewakili rakyat untuk memberikan dukungan kepada para medis dan dokter yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 di RSUD Jayapura.

“Kami mewakili rakyat dan kami selalu ada untuk rakyat. Tentu kami akan terus berupaya apa yang bisa kami lakukan untuk membantu dan mendukung penuh RSUD Jayapura dalam penanganan Covid-19 ini,” ujar Nason

Untuk itu, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap dalam upaya penanganan pasien Covid-19 di RSUD Jayapura, tidak ada kematian yang terjadi, sehingga harus saling mensupport dan saling mendukung.

Sementara itu, Sekretaris Dewan DPR Papua, Dr Juliana J Waromi, SE, M. Si mengapresiasi kinerja para medis dan dokter yang menjadi garda terdepan penanangan Covid-19 di RSUD Jayapura ini.

“Saya akan selalu berusaha untuk mendorong DPR Papua bersama dinas terkait untuk terus melihat kendala apa yang dihadapi, sehingga semua pihak bisa bersama-sama mendukung untuk menyelesaikan masalah atau kendala tersebut,” kata Sekwan Juliana Waromi.

Kata Sekwan Juliana Waromi, jika perlu perhatian terhadap para medis dan dokter yang menangani Covid-19, sehingga perlu koordinasi antar dinas dan rumah sakit.

“Namun jangan lihat apa yang kami bawa ini, tapi inilah bentuk kepedulian kami terhadap para perawat dan dokter. Kami sangat bangga sekali dengan mereka,” tuturnya.

Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giyai menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPR Papua yang telah memberikan bantuan kepada para medis dan dokter yang menangani Covid-19.

“Kunjungan dari DPR Papua, ibu Sekwan dan seluruh anggota DPR Papua diwakili 8 anggota DPR Papua, kami dari managemen RSUD Jayapura memberikan apresiasi. Memang buah-buahan segar, suplemen makanan misalnya buavita, itu dibutuhkan sekali oleh petugas kami yang kerja 24 jam dan mereka tidak pulang ke rumah,” kata Aloysius dengan girang.

Menurut Aloysius Giyai, jika para medis dan dokter yang menangani Covid-19 itu, diasramakan atau diisolasi di RSUD Jayapura.

“Mereka hanya bisa keluar layani di ruang isolasi pasien dan ini perlu asupan gizi yang baik, sehingga mereka pun ada semangat kerja dan yang terpenting kesehatan mereka terjaga,” pungkasnya.

Selain itu tambahnya, Managemen RSUD Jayapura juga sudah berupaya catering untuk para medis dan dokter, termasuk pemberian bubur kacang ijo, susu, buah-buahan dan lainnya.

“Jadi total para medis dan dokter yang dikerahkan RSUD Jayapura, khusus penanganan Covid-19 ini, ada sekitar 60 orang. Itu belum termasuk cleaning servis, petugas gizi, petugas laboratorium dan lainnya,” paparnya.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams