Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Dalam Waktu Dekat BPD/BPC dan IWSS KKSS Kota Jayapura Periode 2021.-.2026, Akan Dilantik

Ketua terpilih BPD KKSS Kota Jayapura, Ir. H. Junaedi Rahim, IAI didampingi Ketua BPC KKSS Japsel H. Abdul Rajab, Ketua BPC KKSS Distrik Abepura, Harhan, SE, Ketua BPC KKSS Japut, H. Armin Surahman, S.Kom, MM, Ketua IWSS Kota Jayapura, Theresia, Tobi, SH dan Ketua Panitia DR. H. Makmur Tajuddin, S.Ag, SH, MH saat menggelar jumpa pers terkait persiapan acara pelantikan, di Batiqa Hotel Jayapura, Kamis, 24 Maret 2022. (foto Tiara).

Jayapura – Pelantikan Badan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPD KKSS) Kota Jayapura dan Badan Pengurus Cabang Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPC KKSS) Distrik Abepura, BPC KKSS Jayapura Utara, BPC KKSS Jayapura Selatan dan Baton IWSS Kota Jayapura, Periode 2021 – 2026, akan digelar secara Akbar di Suni Hotel & Convention Abepura, Kota Jayapura, Minggu 27 Maret 2022.

Namun sebelum acara pelatikan digelar, juga akan dilakukan gladi bersih pada Sabtu 26 Maret 2022. Sementara pengurus BPD KKSS Kota Jayapura Periode 2021 – 2026 ini nantinya akan dilantik oleh Ketua BPW KKSS Provinsi Papua, H. Mansur M, dan akan dihadiri para tamu undangan dari Forkopimda Kota Jayapura serta para tamu undangan lainnya.

Ketua terpilih BPD KKSS Kota Jayapura, Provinsi Papua, Ir. H. Junaedi Rahim, IAI dalam Konferensi Pers mengatakan, jika pelantikan itu akan dilaksanakan secara rinci yakni BPD KKSS Kota Jayapura, BPC KKSS Distrik Abepura, BPC KKSS Jayapura Utara, BPC KKSS Jayapura Selatan dan Batom IWSS Kota Jayapura di Suni Hotel & Convention Abepura, Kota Jayapura, pada Minggu 27 Maret 2022, Pukul 19.00.

“Kami dari panitia, setelah melakukan rapat pemantapan kemarin, Alhamdulillah semuanya sudah siap tinggal menyelesaikan undangan yang akan dibagikan, khususnya para tamu undangan VIP yakni Forkopimda serta seluruh kepengurusan ditingkat Pilar maupun undangan tokoh tokoh masyarakat. Jadi kami sudah siap laksanakan pelantikan BPD/BPC dan IWSS KKSS Kota Jayapura Periode 2021.-.2026 di tanggal 27 Maret 2022,” kata H. Junaedi Rahim didampingi Ketua BPC KKSS Japsel H. Abdul Rajab, Ketua BPC KKSS Distrik Abepura, Harhan, SE, Ketua BPC KKSS Japut, H. Armin Surahman, S.Kom, MM, Ketua IWSS Kota Jayapura, Theresia, Tobi, SH dan Ketua Panitia DR. H. Makmur Tajuddin, S.Ag, SH, MH kepada awak media di Batiqa Hotel Jayapura, Kamis sore 24 Maret 2022.

Ada pun tema pelantikan tersebut yakni “Dengan semangat pelantikan BPD KKSS Kota Jayapura Periode 2021 – 2026, Kita Tingkatkan Sinegritas dan Optimalisasi Organisasi dalam kerangka Fada Idi Fada Elo Si Patuo Si Patokkong – Malili Si Parappe – Malilu Si PakaingE dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Itu mungkin nanti dalam sambutan pada saat pelantikan akan dijelaskan apa sebenarnya arti dari kalimat kalimat tersebut. Tapi intinya bahwa, kami pengurus KKSS Kota Jayapura dan BPC Distrik dalam melaksanakan amanah ini berlandaskan pada petua petua adat kita dimasa lampau. Makanya kalimat kalimat ini belum diterjemahkan dalam bahasa Indonesia tapi punya makna yang dalam,” tandas Junaedi Rahim.

Untuk itu dengam dilantiknya kepengurusan ini lanjut Junaedi Rahim, diharapkan dapat lebih dekat dengan masyarakat agar dapat saling bahu membahu dalam membantu antar sesama.

“Pada prinsipnya seperti itu, jadi lebih mendekatkan diri kepada masyarakat kita sendiri, karena Fada Idi Fada Elo itu maknanya adalah saling membantu. Ada yang susah atau senang harus selalu bersama,” jelasnya.

Tentunya dalam bingkai NKRI ini pihaknya juga berharap, dengan semangat Fada Idi Fada Elo itu bisa menjadi patner pemerintah dan juga bisa bersinergi dengan masyarakat adat. khususnya masyarakat adat Port Numbay Kota Jayapura.

Pada kesempatan itu, Junaedi Rahim pun membeberkan, jika ini merupakan kepemimpinanya yang ketiga. Namun ia berharap didalam kepemimpinannya itu, pihaknya bisa tetap memuliakan masyarakat, khususnya masyarakat KKSS.

“Kira kira itu maknanya dan tema yang kali ini kami tonjolkan dalam rangka pelantikan kepengurusan yang baru. Kepengurusan ini berlaku 5 tahun, jadi dari 2021 sampai 2026. Khususnya untuk kita BPD KKSS pertama dilantik itu tanggal 30 Mei 2009. Kemudian yang kedua tahun 2015. Dan Alhamdulillah tahun ini yang ketiga untuk kepemimpinan saya beserta pak Sekretaris Panitia Pelantikan BPD KKSS Kota Jayapura,” bebernya.

Bahkan, Junaedi Rahim yang juga sebagai Anggota DPR Papua ini pun berharap dengan tema yang ditonjolkan itu, maka pihaknya bisa lebih memuliakan masyarakat. Khususnya masyarakat Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja yang ada di Kota Jayapura.

“Tentunya tidak keluar dari makna slogan atau motto Kota Jayapura sebagai kota miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku suku yang dapat bersinergi didalam motto Kota Jayapura yakni Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased’,” kata Anggota Komisi III DPR Papua itu.

Masih ditempat yang sama, Ketua terpilih BPC KKSS Distrik Abepura, Harhan SE mengatakan, jika pelayanan di tingkat distrik bagi KKSS harus dipercepat. Mengingat wilayah Abepura ini adalah daerah yang sangat strategis.

“Apalagi awal berdirinya KKSS ini di Abepura dan di Abepura ini juga eskalasi permasalahannya begitu tinggi. Sehingga dengan adanya kepengurusan KKSS di tingkat Abepura ini diharapkan dapat memperpendek rentan kendali pelayanan, sehingga di Abepura ini masyarakat akan cepat terlayani,” ungkap Harhan.

Selanjutnya, Ketua terpilih BPC KKSS Japsel, H. Abdul Rajab mengungkapkan, jika kepengurusan KKSS bukan hanya di seluruh Indonesia saja, tapi kepengurusan KKSS ini juga terbentuk sampai di manca negara.

Kendati demikian tandas Abdul Rajab, hanya di Kota Jayapura yang terbentuk hingga ditingkat BPC.

“Itu pengakuan dari pengurus DPP. Jadi satu satunya pengurus di tingkat BPC atau Distrik, itu hanya ada di Kota Jayapura, Provinsi Papua,” ujar Abdul Rajab.

“Jadi selain dari Abepura, tingkat kerawanan data dari kepolisian, bahwa kerawanan di Kota Jayapura ini ada di Abepura dan Jayapura Selatan, khususnya di daerah Hamadi. Tapi Alhamdulillah kita sudah dibantu oleh Batom KKSS dalam hal ini IKP. Akhirnya dengan kerjasama yang baik, maka itu semua bisa teratasi,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Ketua BPC KKSS Japut, H. Armin Surahman, jika kepengurusan BPC KKSS Distrik Jayapura Utara ini adalah merupakan satu bagian dari pada BPD KKSS Kota Jayapura untuk saling bekerjasama dan saling mengisi satu sama lain apa yang telah di kerjakan secara bersama sama.

Menurutnya, BPC ini merupakan kaki tangan BPD untuk melaksanakan program – program yang akan dituangkan bersama hingga kebawa.

“Oleh karena itu, BPC adalah ujung tombak yang berhubungan langsung dengan warga, yang memang membutuhkan bantuan saat ini dan juga dapat memberikan kenyamanan kepada warga. Sebab kerukunan itu merupakan slogan untuk membentengi warganya,” ucapnya.

“Dengan terbentuknya kepengurusan BPC Kota Jayapura ini merupakan satu kesatuan dengan BPD KKSS Kota Jayapura,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua terpilih IWSS Kota Jayapura, Theresia Tobi, SH mengungkapkan, jika pihaknya selalu bersinergi bersama KKSS Kota Jayapura.

“Dan ranting ranting kami juga sudah terbentuk di 5 Distrik, dan akan dilantik sesudah BPD KKSS dan IWSS Kota Jayapura. Itu direncanakan pada bulan Mei 2022, mendatang. Mudah-mudahan dengan terbentuknya Batom Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kota Jayapura ini selalu bersinergi dan semakin kuat terutama tercapainya IWSS di distrik distrik, sehingga rumah kita semakin kuat dan kokoh, “ujar Theresia yang juga merupakan Anggota DPRD Kota Jayapura dari Partai PDI Perjuangan.

Pada kesempatan itu, selaku Ketua Panitia pelantikan BPD KKSS Kota Jayapura, DR. H. Makmur Tajuddin, S.Ag, SH, MM menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim yang tergabung dalam kepanitiaan. Yang mana telah bekerja keras kurang lebih sebulan dalam mempersiapkan berbagai keperluan untuk acara pelantikan nanti hingga rampung.

“Alhamdulillah, target, sasaran yang kami inginkan kini tercapai dengan baik. Itu sebabnya slogan kami adalah Fada Idi Fada Elo Si Patuo Si Pattokong. Nah ini baru namanya makna bahwa suka duka orang Sulawesi Selatan itu saling membantu, saling bahu membahu. Kesusahan kami berada pada sesama kami orang Sul – Sel, sehingga kami pun tak ingin melihat kerukunan ini tidak mendapatkan akses,” tegas Makmur Tajuddin yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Kearsipan pada Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua ini.

Untuk itu kata Makmur Tajuddin, diharapkan kedepannya, ketua BPD dan Ketua-ketua BPC dapat berkomunikasi dengan baik sehingga warga Sulawesi Selatan juga bisa mendapatkan akses.

Dijelaskan, seharusnya pelantikan ini dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu tapi karena kondisi covid-19 melanda negeri ini, khususnya di Papua, sehingga pelantikan ini pun tertunda. Apalagi memang dilarang keras untuk berkumpul.

“Kerukunan ini selama covid-19 seharusnya sudah dilantik, karena keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan sehingga pelantikannya pun tertunda. Karena memang juga tidak boleh berkumpul dan pembatasan aktivitas yang menyebabkan kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan,”ungkapnya.

Namun Alhamdulillah ujar Makmur, saat ini sudah ada kelonggaran dari pemerintah, khususnya dari Pemkot Jayapura sehingga kami pun diberikan akses dan ruang untuk melakukan aktivitas.

“Pada hari ini kami juga ucapkan terimakasih kepada seluruh warga KKSS, baik Pemerintah Kota Jayapura, DPRD Kota Jayapura, DPR Papua dan komponen yang sudah ikut membantu kami dalam hal pendanaan, sehingga kegiatan pelantikan ini dapat berjalan dengan baik. Terimakasih juga kepada teman teman wartawan yang sudah ikut membantu mempublikasikan kegiatan ini,” tandas Makmur sapaan akrabnya.

“Itu saja yang ingin kami sampaikan, mohon doa dan dukungannya, semoga di tanggal 27 Maret 2022 nanti, Pukul 19.00 acara pelantikan ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” harapnya.

Oleh karena itu ia mengajak kepada seluruh warga KKSS Kota Jayapura, bersama sama datang ke Hotel Suni Abepura untuk menyaksikan langsung pelantikan dan pengukuhan KKSS Kota Jayapura, BPC KKSS Kota Jayapura dan Batom IWSS Kota Jayapura.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih dan Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased’ satu hati membangun kota untuk kemuliaan nama Tuhan. Ewako!.” tutup Makmur Tajuddin dengan lantang yang dismabut tepuk tengan meriah dari rekan rekannya. (Tiara)