Pasific Pos.com
Headline

Bertemu Ketua DPR Papua, Jhony Roto Sang Pengayuh Sepeda Keliling Indonesia Mengaku Bersyukur

Sambil duduk diatas sepeda, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE foto bersama Jhony Roto sang pengayuh sepeda keliling Indonesia. (Foto Tiara).

Jayapura – Dengan mengandalkan sepeda tua, Jhony Roto memenuhi Nazarnya mengelilingi Indonesia selama 4 tahun lebih. Bahkan, 36 provinsi telah di kunjunginya.

Lelaki parubaya ini kelilingi Indonesai dari Bengkalis, Riau hingga ke Provinsi Papua. Dan kesempatan kali ini, ia betandang ke Kantor DPR Papua untuk bertemu langsung Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE di ruang kerjanya yang terletak di Gedung II DPR Papua, lantai 9 pada Selasa 28 November 2023.

Namun ada yang menarik dari kunjungannya ini. Jhony Roto juga membawa sepeda tuanya itu masuk kedalam lift untuk bertemu Ketua DPR Papua di ruangannya.

“Saya sudah mengayuh sepeda ke 36 provinsi selama 4 tahun lebih ini,” ungkap Jhony Roto saat berjumpa Ketua DPR Papua di ruang kerjanya.

Diakui banyak suka duka serta tantangan yang dilaluinya selama mengayuh sepeda keliling Indonesia. Bahkan pernah tersesat di tengah hutan selama berhari hari dan mengalami hal horor dan kehabisan stok makanan. Selain itu juga sudah ganti ban sepeda sebanyak 32 kali, ganti rantai sepeda sebanyak 6 kali dan jok sebanyak 4 kali.

Untuk itu, Jhony mengaku ingin menuntaskan nazarnya dengan mengunjungi seluruh provinsi dan kabupaten/kota dengan mengayuh sepeda miliknya itu yang menemaninya selama 4 tahun lebih, sejak 16 Februari 2019 silam. Yang dimulai dari Desa Kuala Penaso, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Kepuluan Riau itu.

Selain itu, Jhony bercerita bahwa nazar yang ia tuntaskan ini, merupakan wujud syukurnya atas anugerah kesehatan yang didapatkan istri dan anaknya.

“Perjalanan saya ini sebagai bentuk rasa syukur saya karena anak dan istri saya diberikan kemudahan dan kesehatan saat melahirkan. Perjalanan ini memberikan saya banyak sekali pelajaran, salah satunya adalah menikmati keindahan alam Indonesia dan dapat bersilaturahim dengan warga masyarakat yang beragam suku dan budayanya,” ungkapnya.

Untuk makanan dan minuman, Jhony mengaku, jika dirinya dibantu orang-orang yang ia temui dalam perjalanan. Ia pun bersyukur banyak bertemu orang baik dan peduli yang telah membantu dan menerimanya. Ia pun menganggap mereka sebagai saudara.

Dikatakan, saat tiba di kota Jayapura,Jhony Roto mengagakan sudah keliling selama 20 hari. Jika di Kota Jayapura ini, ia tidur di Masjid Raya Baiturahhim. Namun, kini ia tinggal di Rumah Bakau Jayapura.

“Jadi, banyak pengalaman yang saya dapat dan paling berkesan adalah ketika dalam perjalanan di Labuhan Bajo. Saya naik sepeda 3 hari 3 malam melalui hutan. Sepi sekali, tidak ketemu satu orang pun. Bahkan, saya berpikir kemungkinan bisa mati, karena tidak makan selama 3 hari itu, hanya minum saja,” ungkap Jhony.

“Terakhir ketika di dekat desa, ketemu seorang perempuan di ladang. Namun, tiba tiba dia hilang begitu saya menoleh,” timpalnya.

Bahkan, Jhony mengaku jika dirinya juga ingin bersepeda keliling ke Wamena, Provinsi Papua Pegunungan dan terakhir ke Merauke, Provinsi Papua Selatan, sehingga genap seluruh provinsi di Indonesia berhasil ia keliling dengan baik dengan menggunakan sepeda tuanya itu.

Sementara itu, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw, SE menilai kegigihan dan tekad serta semangat dari Jhony Roto demi mewujudkan nazarnya itu, patut diapresiasi

“Pak Jhony sudah keliling seluruh Provinsi di Indonesia dengan tekad yang kuat karena berpegang pada nazarnya. Pak Jhony orang yang hebat dan memiliki tekad yang kuat. Tentu ini patut diapresiasi,” tandas Jhony Banua Rouw sambil mengamati sepeda tua yang dibawa Jhony Roto untuk keliling Indonesia itu.

Pada kesempatan itu, Politisi Partai NasDem ini juga sempat membubuhkan tandatangannya di papan yang ada di belakang sepeda tua itu, juga memberikan cindramata dan dana kepada Jhony Roto, agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Bahkan, Ketua DPR Papua ini juga memberikan kesempatan kepada Jhony Roto untuk duduk di kursi Ketua DPR Papua sambil foto bersama. Diberi kesempatan untuk duduk, Jhony Roto pun mengaku senang dan bangga karena mendapat kesempatan untuk duduk di kursi Ketua DPR Papua, yang mungkin tidak semua orang bisa diijinkan untuk duduk. (Tiara).