Pasific Pos.com
Uncategorized

Beberkan Sejumlah Program Unggulan, ABR Siap Bangun Kota Jayapura

Bakal Calon Wali Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH MH ketika diwawancara. (Foto Tiara).

Natan Pahabol : Kemampuan ABR Tak Diragukan Lagi

Jayapura – Kini giliran Bakal Calon Wali Kota Jayapura, Abisai Rollo, SH MH atau yang disingkat ABR mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, Senin 3 Juni 2024, siang.

Abisai Rollo merupakan kandidat terkuat, yang dengan gamblang telah memaparkan visi misinya dihadapan para Panelis dan jajaran fungsionaris DPD Gerindra Papua.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan itu, ABR yang masih menjabat sebagai Ketua DPR Kota Jayapura ini mengungkapkan visi misi serta program prioritas untuk membangun Kota Jayapura pada 5 tahun mendatang.

Yang mana program tersebut diantaranya adalah memberikan pendidikan gratis bagi anak anak Port Numbai, mulai dari TK sampai SMA.

Bahkan Bakal Calon Wali Kota Jayapura itu mengungkapkan jika dirinya juga disodorkan

beberapa pertanyaan dari panelis Partai Gerindra terkait bagaimana membangun kota Jayapura.

“Bagaimana supaya kita sama-sama bangun kota ini untuk masyarakat Kota Jayapura menikmati berkaitan dengan air bersih, kemudian berkaitan dengan PAD kota, kemudian tata kota. Daerah aliran sungai itu menyebabkan terjadinya banjir dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Selain itu ia juga menyebutkan, visi misi unggulan yang bakal dikerjakan dan menjadi program prioritasnya.

“Visi mewujudkan Kota Jayapura sebagai kota beriman, modern, sejahtera yang berbasis kearifan lokal. Misi menjadi Kota Jayapura yang bersih, indah dan nyaman,” jelasnya.

Tak hanya itu, Politisi Partai Berlambang Pohon Beringin ini juga memaparkan beberapa program kerja lainnya yang siap dikasanakan jika dirinya terpilih nantinya.

“Pendidikan, infrastruktur, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program UKM, meningkatkan layanan sosial kultur dalan memberdayakan masyarakat,”tuturnya.

Abisai Rollo pun menuturkan keinginan dan motivasi untuk menjadi orang nomor 1 di Kota Jayapura karena dirinya memiliki rasa tanggung jawab sebagai anak asli Port Numbay dalam pembangunan untuk kemajuan Kota Jayapura.

“Sebagai putra asli Port Numbay memiliki rasa tanggung untuk membangun Kota Jayapura menjadi lebih baik. Ingin meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Jayapura yang saat ini belum memenuhi kebutuhan hidup. Mengatasi masalah masalah sosial, kesejahteraan yang terjadi saat ini di Kota Jayapura dengan tingkat kesejahteraan yang terbatas,” ujar Abisai Rollo.

Kendati demikian, sebagai kandidat yang ikut dalam kontestasi pada Pemilihan Kepala Daerah Secara Serentak, ia berharap, bisa mendapatkan dukungan dari Partai Gerindra untuk maju sebagai Calon Walikota Jayapura Periode 2024 – 2029.

“Kalau memang pemilihan Presiden kita juga bisa tegak lurus antara Gerinda dan Golkar. Jadi, mudah-mudahan sampai ke daerah-daerah termasuk Kota Jayapura. Saya berharap bahwa Gerindra nantinya dapat memberikan rekomendasi untuk saya,” harapnya.

Namun ketika disinggung soal sosok Bakal Calon Wali Kota Jayapura, ABR menuturkan, jika dirinya akan mengikuti rekomendasi dari Partai Politik.

Pasalnya, ada isu bahwa Abisai Rollo bakal berduet dengan H.Rustam Sarru yang merupakan mantan Wakil Wali Kota Jayapura itu.

“Saya itu sudah bangun komunikasi baik sejak tahun 2022 dan sampai sekarang kita masih jalan. Kita kembali pada SOP (standar operasional prosedur) juga. Karena Partai PKS itu sudah ada beberapa nama, diantaranya, H. Darwis Massi. Jadi siapa yang memenuhi SOP-nya tinggi, itu yang akan diambil,” terangnya.

Sementara itu, Panelis Partai Gerindra Papua, Natan Pahabol mengatakan, jika pihaknya tidak meragukan lagi kepemimpinan kandidat Wali Kota Jayapura Abisai Rollo usai memaparkan visi misinya.

“Kami tidak meragukan, karena beliau menjadi anggota dewan di kota ini sekitar 5 periode. Itu artinya bahwa beliau ini punya sejumlah pengalaman dan pengetahuan dan angka dan data. Dia sudah punya itu,”tandas Natan.

Bahkan ungkap Politisi Partai Gerindra itu, Abisai Rollo merupakan tokoh Ondoafi yang ramah dan baik, sehingga kemampuannya maju sebagai Calon Wali Kota tak perlu diragukan lagi.

Apalagi kata Natan Pahabol, dengan ketokohannya sebagai ondoafi, tetapi juga sebagai anak tabi dan juga dari segi usia dan kemampuannya kami melihat tidak meragukan dan beliau sudah siap saya lihat tadi untuk maju apalagi dukungan partai politik golkar luar biasa.

Selain itu, Natan juga menyebut, kalau Abisai Rollo merupakan salah satu tokoh Tabi yang memiliki kemampuan intelektual dan spiritual yang sangat baik

“Kota Jayapura ini dipimpin oleh orang yang backgroundnya adalah orang politik. Kalau orang birokrasi dia pelan-pelan dia akan jalan dengan manajemen administrasi. Tapi kalau ada orang politik dia melakukan perubahan kota ini luar biasa,” Imbuhnya. (Tiara).