Pasific Pos.com
Info Papua Lintas Daerah Sosial & Politik

Bangun Sinergitas, KPU Supiori Sambangi Dukcapil Bahas Progres Perekaman e-KTP

Kordiv Rendatin KPU Supiori Piethein Wakum,S.IP.,M.M bersama jajaran staf KPU ketika berdiskusi dengan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori Daniel Korwa,S.Kom disela-sela kunjungan kerja di Kantor Dukcapil Supiori, Selasa (15/11/2022).

Supiori – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Supiori melalui Divisi  Perencanaan, Data dan Informasi (RENDATIN) melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori.

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh KPU Supiori merupakan langkah inovasi sebagaimana arahan KPU Provinsi Papua guna mendukung Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 470/6973/SJ tentang percepatan perekaman e-KTP yang juga akan digunakan sebagai salah satu syarat dalam menggunakan hak pilih pada pemilihan umum serentak tahun 2024 mendatang.

Kunker ini dipimpin oleh Kordiv Rendatin KPU Supiori Piethein Wakum,S.IP.,M.M berserta Plt. Kasubag Adolfina Tanan, SE didampingi staf sekretariat melakukan koordinasi langsung dengan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori Daniel Korwa,S.Kom sekaligus membahas tentang langkah inovasi yang akan dilakukan oleh KPU Supiori dalam rangka mendukung progres  perekaman e-KTP yang akan dilakukan di 38 Kampung yang tersebar di 5 Distrik dan juga Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Supiori.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Supiori Daniel Korwa,S.Kom mengungkapkan pihaknya saat ini merencanakan program kerja dengan sistem jemput bola.

“(Program ini,red) dalam rangka meningkatkan perekaman e-KTP di setiap kampung dan sekolah yang ada sehingga dapat mendukung pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang,”ungkapnya disela-sela kunker KPU, Selasa (15/11/2022).

Dikatakan, hal ini sangat membantu, karena lebih memudahkan  masyarakat dalam perekaman e-KTP mengingat aktivitas masyarakat yang sebagian adalah nelayan dan petani bahkan geografis wilayah yang sering menjadi hambatan bagi Masyarakat di Kabupaten Supiori.

Pada kesempatan yang sama,  Kordiv Rendatin KPU Supiori Piethein Wakum,S.IP.,M., mengapresiasi terobosan yang dilakukan Dukcapil Supiori, serta mengharapkan  sinergitas kerja sama antara pemerintah distrik dan kampung serta Dinas Pendidikan dan seluruh komponen masyarakat dalam mendukung terobosan tersebut.

“Perlu sinergitas dalam pelaksanaan perekaman  e-KTP yang akan dilakukan di tingkat Kampung dan juga setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Supiori,” bebernya.

Menurut Kordiv Rendatin Supiori, pemilu kali ini akan sedikit berbeda dari pemilu sebelumnya karena tentu pada era digitalisasi akan mengubah beberapa hal baru dalam pelaksanaan pemilu, salah satunya adalah Pemilih Wajib memiliki e-KTP guna mempermudah penyelenggara untuk memastikan pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

Selain itu, lanjut Wakum,  dapat membantu Bawaslu untuk melakukan langkah pencegahan terhadap potensi pelanggaran pemilu yang terjadi di lapangan.

“Beberapa langkah inovasi  yang kerap dilakukan KPU Supiori dalam inovasi untuk mendukung proses perekaman e-KTP oleh Dukcapil adalah Aksi Sosialisasi menggunakan alat peraga dengan tema Ayo….!! Kitong mendukung Perekaman e-KTP yang akan dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” lanjutnya.

Wakum menuturkan aksi dalam bentuk alat peraga sosialisasi ini akan disebarkan di 5 Distrik, Kantor Bupati dan tempat pelayanan umum lainnya seperti Bank dan Pasar Swalayan, selain itu KPU Supiori melalui Divisi Sosialisasi akan melaksanakan Program Sosialisasi lainnya.

Dengan demikian KPU Supiori mengharapkan langkah Inovasi ini dapat mempercepat proses perekaman e-KTP yang akan dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Supior