Pasific Pos.com
Headline Kriminal

Anggota Koramil Batom Berhasil Amankan Lima Senpi Dan 2 Anggota OPM

Anggota Koramil 1715-05 Batom, berhasil mengamankan lima pucuk senjata Api (senpi).

Jayapura – Anggota Koramil 1715-05 Batom, berhasil mengamankan lima pucuk senjata Api (senpi) dan menangkap dua orang yang diduga sebagai anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP).

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan membenarkan hal ini. “Saat itu anggota Koramil Battom melakukan penyergapan pada Selasa (8/09/2021) mereka behasil mengamankan 2 pucuk senjata M16, satu pucuk senjata double dop dan dua pucuk senjata laras panjang rakitan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penyergapan ini bermula dari laporan masyarakat ke pos, bahwa ada 2 orang OTK yang menggunakan perahu johnson dari arah PNG menuju ke Mongham (Basis TPN-OPM). Setelah sampai di Kampung Muara, perahu mengalami kerusakan dan tinggal di kampung muara sambil mencari perahu lain untuk menuju kampung Mungham.

Mendengar hal ini pihak koramil berkoordinasi dengan pihak Distrik (Yoben Kimki). Lalu 4 orang anggota Koramil atas nama Sertu Ari Netson Arabia, Sertu Edoardo Dimara, Sertu Ruben dan Kopda Hendri Yoktan bersama beberapa orang pemuda dan anggota Linmas Batom menuju ke Kampung Muara dengan menggunakan speedboat.

“Anggota Koramil dan beserta pemuda dan Linmas Batom melakukan pengepungan di pertengahan sungai yang mengarah ke Oksip dan Mongham dan berhasil menangkap 2 orang anggota OPM, atas nama Yulian Urobmabin ( 33 th ) dan Kapol Uropmabin ( 42 ),” ujar Izak Pangemanan.

Dikatakan pula, dari kedua orang tersebut didapat senjata M16 2 pucuk, senjata double dop 1 pucuk, senjata laras panjang rakitan 2 pucuk, munisi 5,56 35 butir, munisi GLM 2 butir, hp android 2 buah, mata kapak 2, parang 3 buah, Solar cell 1 buah, Flasdisk 5, bendera OPM 1 buah, bendera “Buka” 3 buah, bendera “Buka” kecil 2 buah, pisau dapur , ketapel , 1 lembar Fc KK, 1 buku kartu kesehatan, 2 lembar tiket pesawat, buku saku 1 buah, 7 tas punggung, 1 tas besar, tenda payung dan Kartu anggota 1 lembar a.n Yulian uropmabin.

“Saat ini kedua orang ini berada di Koramil untuk dimintai keterangan lebih lanjut dan dilakukan penahanan,” ujar Izak Pangemanan.

“Saya bangga akan mereka. Dan ini berkat laporan serta kerjasama dari masyarakat. Saya juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama ini,” ujar Izak Pangemanan melalui telephon selulernya.

Dikatakannya pula, kedua orang yang diamankan ini merupakan anggota KSTP Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo yang berada di distrik Oksibil kabupaten Pegunungan Bintang.