Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Komitmen Jasa Raharja Menurunkan Jumlah Korban Laka Lantas di Papua

Jayapura – PT. Jasa Raharja (Persero) berkomitmen dalam mengurangi angka kecelakaan yang terjadi sepanjang tahun 2019.

Berbagai upaya program pencegahan kecelakaan lalu lintas di wilayah Papua dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi mulai dari tingkat pelajar sampai mahasiswa dan juga masyarakat, pemasangan rambu rambu pencegahan kecelakaan.

Juga melaksanakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis di Pelabuhan, terminal khususnya kepada supir angkutan umum dan lingkungan masyarakat, dimana pelaksanaan program ini tidak lepas dari kerjasama dan kontribusi dari mitra kerja Kepolisian, Dinas Perhubungan, Rumah Sakit, dan instansi terkait lainnya.

“Tidak lupa pula di tiap bulannya gencar melakukan sosialisasi melalui media massa agar masyarakat tertib membayarkan kewajibannya dan tahu hak mereka di Jasa Raharja”, terang Marganti Sitinjak selaku Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Papua, Senin (20/01/2020).

Dia melanjutkan, Jasa Raharja telah menekan tingkat fatalitas korban laka lantas terutama jumlah korban meninggal dunia. Pihaknya mengimbau agar masyarakat Papua untuk tetap tertib berkendara, mematuhi rambu lalu lintas agar di tahun 2020 ini jumlah korban laka lantas dapat ditekan.

“Perlu ditekankan dalam hal kewajibannya bahwa seluruh santunan yang diserahkan kepada korban kecelakaan adalah bersumber dari pembayaran SWDKLLJ yang dibayarkan bersama dengan pajak kendaraan bermotor di Samsat, Iuran angkutan kendaraan penumpang umum, penumpang pesawat udara dan penumpang kapal laut,” lanjutnya.

Marganti menambahkan, sampai dengan Desember 2019 tercatat Jasa Raharja Papua telah membayarkan santunan sebesar Rp 29.334.263.709, angka ini menurun 4,56 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp30.737.038.408. (Zulkifli)