Pasific Pos.com
Info Papua

Peduli Terhadap Masyarakat, Danramil Waris Beserta Babinsa Kodim 1701/Jayapura, Berinisiatif Perbaiki Genset

0107212
Danramil Waris Lettu Inf. Umlaike Wantik beserta Babinsa Kodim 1701/Jayapura, saat menyerahkan satu unit Genset kepada Ondoafi, Robert May.

Jayapura – Upaya untuk melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, tak henti-hentinya dilakukan Danramil Waris beserta Babinsanya Kodim 1701/Jayapura, di wilayah binaannya yakni Kampumg Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura – Papua.

Dan salah satu bukti kepedulian terhadap masyarakat, Danramil Waris Lettu Inf. Umlaike Wantik beserta Babinsa Kodim 1701/Jayapura berinisiatif memperbaiki satu unit Genset merk Yanmar milik masyarakat Kampung Pund yang sudah lama rusak.

Alasan pihaknya memperbaiki satu unit Genset milik masyarakat itu, lantaran puluhan masyarakat yang bermukim di kampung binaannya itu sudah sekian tahun tidak menikmati penerangan. Setiap malam masyarakat hanya dapat menikmati kegelapan karena belum ada listrik masuk menerangi kampung tersebut.

0107213

Untuk itu, Danramil serta Babinsa yang ada di Koramil Waris itu, berinisiatif membantu masyarakat dengan memperbaiki satu unit Genset milik masyarakat Kampung Pund, Distrik Waris Kabupaten Kerom, Kota Jayapura. Setelah diperbaiki kemudian diserahkan kembali kepada masyarakat yang diwakili oleh Ondoafi Robert May.

“Kami berinisiatif memperbaiki Genset itu yang sudah lama rusak, setelah kami perbaiki kami langsung menyerahkan Genset itu kepada bapak Ondoafi, Robert May untuk mewakili masyarakat di kampung tersebut. Saat ini 34 KK, sudah bisa menikmati penerangan. Meskipun hanya menggunakan Ganset, akan tetapi masyarakat sangat senang dan sangat terbantu dengan adanya Genset itu. Mereka tidak lagi hidup dalam kegelapan jika malam tiba.

Jadi kalau masyarakat senang, ya kami pun ikut senang karena tujuan kami memang untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat,” kata Danramil Waris Lettu Inf Umlaike Wantik didampingi Babinsa Waris Kodim 1701/Jayapura kepada Pasific Pos, baru-baru ini di Jayapura

Apalagi lanjut Danramil, Kampung Pund ini perbatasan langsung dengan RI – PNG Sehingga dengan adanya penerangan di Kampung Pund di malam hari sudah sangat membantu masyarakat.

“Ini kami lakukan sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap masyarakat yang ada di wilayah binaan kami untuk turun langsung melayani masyarakat, serta mengatasi berbagai kesulitan masyarakat di Kampung Pund yang berbatasan langsung dengan RI- PNG. Inilah bentuk rasa kepedulian kami Koramil Waris Kodim 1701/Jayapura. Jadi selain membantu kesulitan-kesulitan masyarakat, tapi kami juga membantu menyalurkan sembako,”ungkap Danramil.

Pasalnya, kata Danramil Waris, Babinsa Koramil Waris Kodim 1701/ Jayapura ini, merupakan ujung tombak satuan kita yang juga melindungi masyarakat. Sehingga, harus selalu siap untuk melayani masyarakat serta membantu mengatasi kesulitan masyarakat di sekitar wilayah binaan kita, khususnya di Distrik Waris.

Bahkan, kata Danramil Umlaike Wantik, hal itu sudah sering dilakukan oleh pihaknya dan kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan tugas satuan Teritorial untuk memberikan bantuan ke masyarakat yang ada di wilayah binaan mereka. Selain itu, juga membantu masyarakat dalam segala hal, seperti bhakti sosial (Baksos) kepada masyarakat dan lain-lain.

“Jadi sudah banyak hal yang sudah kami lakukan. Dan sejak kami menjabat sebagai Danramil, ada delapan kampung di Distrik Waris yang sering kami bantu berupa Sembako. Bahkan selama covid- 19 melanda negeri kita, hingga saat ini bantuan sembako itu tidak pernah putus tetap kita salurkan bantuan. Itu kami dibantu dan di dukungan dari Komandan Kodim 1701/Jayapura, lalu diserahkan langsung kepada Koramil Waris untuk membantu masyarakat di setiap kampung. Dan bantuan sembako itu kami salurkan lagi kepada kepala kampung, Ondoafi, tokoh gereja dan tokoh agama yang selanjutnya mereka bagi-bagikan kepada warganya,” jelasnya.

Lanjut dikatakan, termasuk anggota Babinsa Koramil Waris secara sukarela sering memberikan bantuan sembako secara pribadi. Baik berupa minyak goreng, minyak tanah, ikan, telur dan Mie Instan serta kebutuhan bahan makanan lainnya.

“Sembako itu juga di serahkan di delapan kampung di Distrik Waris Kabupaten Kerom. Baik yang ada di Kampung Banda maupun di Kampung Pund, seta kampung lainnya. Apalagi Kampung Pund dan Kampung Banda ini sangat dekat dengan perbatasan negara tetangga PNG,” bebernya.

Menurut Danramil Waris ini, masyarakat disana sangat baik dan ramah, sehingga ia dan anggota Babinsa pun selalu melakukan pendekatan dengan Tetorial, komunikasi sosial ( Komsos ) dengan masyarakat setempat.

Dikatakan, apa yang ia lakukan kepada masyarakat saat ini, itu belum apa-apa dan masih kurang, sehingga kedepannya ia pun berharap dapat terus membantu masyarakat. Apalagi kehidupan masyarakat disana hanya dari hasil berkebun dan bertani.

Menilik dari kondisi itu, Komandan Kodim 1701/ Jayapura pun akhirnya, sering memberikan sembako kepada Danramil di jajarannya yang ada di pelosok pedalaman. Yang mana sembako itu nanti di serahkan lagi kepada masyarakat yang ada di wilayah binaannya itu.

“Atas pemberian bantuan itu, masyarakat sangat senang dan bisa hidup nyaman, karena yang saya lihat masyarakat disana rata-rata hidupnya berkebun. Mereka hanya mengandalkan hasil dari kebunnya itu. Selain itu, masyarakat juga terkadang kesulitan untuk memasarkan hasil kebun mereka ke kota lantaran terkendala dengan transportasi. Akhirnya hasil kebunnya itu di jual di pinggir pinggir jalan,” pungkasnya.

Ketika ditanya bagaimana tanggapan masyarakat dengan kehadiran Danramil beserta anggota Babinsa di tengah-tengah masyarakat kampung, Danramil Waris Kodim 1701/Jayapura Lettu Inf Umlaike Wantik mengatakan, bahwa, ia dan anggotanya disambut positif oleh kepala kampung dan masyarakat yang ada disana. Bahkan, antusias masyarakat ketika menyambut kehadiran kami terlihat begitu bahagia dan senang.

“Kehadiran kami disana, mereka sangat senang dan mereka mengucapkan banyak terimaksih kepada kami. Sebagai Danramil beserta anggota Babinsa memang sangat aktif dan sering turun ke kampung-kampung untuk melihat keadaan masyarakat secara dekat. Sehingga kami pun tahu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat lalu dengan sigap kami langsung memberikannya. Karena yang paling dibutuhkan oleh masyarakat disana itu adalah sembako. Jadi kami selalu turun kontrol apa yang mereka butuhkan, baik beras, Mie Instan maupun yang lainnya,” ujar Danramil Waris.

Ia menambahkan, mungkin itu tak seberapa, tapi bagaimana kita terus berupaya untuk membuat masyarakat senang dan bisa membantu masyarakat agar tidak kekurangan. Dan yang terpenting masyarakat bisa hidup tenang dan bahagia.

“Tugas Babinsa ini sangat vital sekali karena ujung tombak satuan kami teritorial dimana Babinsa saya ini, kita harapkan benar- benar bisa dapat mengatasi kesulitan masyarakat di sekitar wilayah binaannya masing- masing mereka sendiri, kalau mereka ada problem atau masalah kita berikan solusi sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat Babinsa segera membantu,” tutup Danramil Waris Lettu Inf. Umlaike Wantik. (TIARA).