Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

5 DPC Partai Demokrat Gelar Muscab Secara Serentak

Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, membuka kegiatan Muscab III DPC Partai Demokrat di Wilayah Mamta yang digelar di Hotel Grand Tabi, Entrop, Kota Jayapura, Sabtu, 3 Desember 2022. (foto Tiara).

AHY : Tetap Fokus Persiapkan Diri dan Mesin Partai Songsong 2024

Jayapura : DPD Partai Demokrat Provinsi Papua menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) III untuk 4 DPC Partai Demokrat yakni DPC Partai Demokrat Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mamberamo Raya secara serentak yang berlangsung di Grand Tabi Hotel, Kota Jayapura, Sabtu, 3 Desember 2022.

Meski pun Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY itu, secara fisik tak hadir dalam acara Muscab III ini, namun AHY pada kesempatan itu menitipkan pesan kepada para peserta Muscab DPC Partai Demokrat ini.

“Mari kita jadikan Muscab ini sebagai momentum yang baik bagi kita semua untuk melakukan konsolidasi organisasi, harmonisasi dan rekonsiliasi,” pesan AHY.

Tak hanya itu, AHY juga berpesan kepada kader Partai Demokrat pada 5 kabupaten/kota untuk tetap fokus mempersiapkan diri dan mesin partai menyongsong pemilu 2024, tujuannya untuk memenangkan kontestasi pemilihan presiden, pemilihan anggota legislatif baik DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

“Waktunya tidak lama lagi, oleh karena itu kita harus benar-benar fokus dan serius dalam memperkuat struktur partai mulai dari pusat, daerah, cabang, anak cabang hingga para kader di tingkat akar rumput,” tandas AHY.

Kendati demikian lanjut AHY, lima tahun ke depan, pihaknya ingin agar Partai Demokrat menjadi partai yang semakin cerdas, modern dan adaftif dan semakin kuat dan terhormat serta mengakar dan dicintai serta dicintai oleh rakyat.

“Tapi itu semua bisa diwujudkan dengan kerja keras, ikhtiar dan doa yang tiada henti. Juga dibutuhkan kepemimpinan dan kepengurusan yang visioner, solid dan efektif serta memiliki kapasitas dan integritas untuk bisa melipatgandakan segala potensi dan sumber daya yang kita miliki,” ujar AHY.

Untuk itu, AHY mengajak agar semua kader optimistis bahwa akan terbuka jalan dan sukses bagi Partai Demokrat para pemilu 2024. Apalagi, sejumlah lembaga survey memotret pertumbuhan dan peningkatan elektabilitas Partai Demokrat secara nasional. ‘

“Alhamdulillah, patut kita syukuri. Namun semua, itu angka prediktif. Hanya kerja keras dan waktulah yang membuktikan apakah kita benar-benar akan bangkit dan berjaya pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, jangan cepat berpuas diri,” tekannya.

Masih ditempat yang sama, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khairon mengungkapkan Muscab III di Papua dapat dilaksanakan, setelah ada yang 13 dan 18 tahun belum melaksanakan Muscab.

Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron, membuka kegiatan Muscab III DPC Partai Demokrat di Wilayah Mamta yang digelar di Hotel Grand Tabi, Entrop, Kota Jayapura, Sabtu, 3 Desember 2022. (foto Tiara).

“Muscab ini merupakan tujuan yang mulia bagi kita semua, karena Muscab ini menuju pada konsolidasi dan harmonisasi partai. Jika ada friksi-friksi, ini menjadi media untuk kita rekonsiliasi,” kata Herman Khairon.

Kendati demikian, Herman meminta agar Muscab jangan dijadikan sebagai pertentangan, namun Muscab harus dijadikan sebagai arena konsolidasi, harmonisasi dan rekonsiliasi.

Untuk itu, Herman berharap dengan Muscab ini, menjadikan semangat kemenangan bagi Partai Demokrat di Papua. Untuk itu, pihaknya akan menggelar Muscab selanjutnya di Biak untuk muscab di daerah lainnya.

Selain itu, Herman Khairon pun menjelaskan jika mekanisme Muscab Partai Demokrat yang berbeda dari sebelumnya. Dimana Muscab kali ini, hanya mengusulkan nama calon ketua ke DPP Partai Demokrat, kemudian dilakukan fit and propertest oleh DPP Partai Demokrat hingga penetapan ketua DPC.

Sementara itu, Plt Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Wilem Wandik mengatakan jika, pelaksanaan Muscab kali ini, dilaksanakan dalam 2 gelombang di wilayah adat Mamta untuk pelaksanaan Muscab serentak bagi 9 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

“Maka gelombang pertama dimulai dari wilayah Mamta dan Saereri yang akan diikuti oleh 9 DPC, yakni Kota Jayapura, Jayapura, Keerom, Sarmi dan Mamberamo Raya, Biak, Supiori, Yapen dan Waropen,” paparnya..

Dikatakan, jika Muscab kali ini, dalam rangka konsolidasi, harmonisasi dan rekonsiliasi, sekaligus untuk penyegaran pengurus Partai Demokrat untuk menghadapi Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pemilukada pada tahun 2024.

“Kita berharap ke depannya, pelaksanaan Muscab dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai amanat AD/ART Partai Demokrat,” jelasnya.

Sementara itu, Mustakim HR, sebagai Ketua Panitia Muscab III Partai Demokrat mengaku bersyukur bisa menggelar Muscab serentak di Kota Jayapura untuk 5 DPC Partai Demokrat.

“Ya pelaksanaan Muscab kali ini, tidak seperti biasanya. Biasanya kita laksanakan Muscab di masing-masing kabupaten/kota, namun kali ini kita melaksanakan Muscab di satu titik yakni berdasarkan wilayah adat dan hari ini di Mamta,” jelas Mustakim.

Mustakim yang juga merupakan Ketua Fraksi Demokrat DPR Papua menjelaskan, jika pelaksanaan Muscab ini berdasarkan AD/ART Partai Demokrat, PO Musda dan Muscab dan juklak Musda dan Muscab serta surat DPP Partai Demokrat serta SK DPD Partai Demokrat Provinsi Papua. (Tiara)