Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

122 Orang dari 2.575 Orang yang ikut Rapid Test Dinyatakan Reaktif Corona

122 Orang dari 2.575 Orang
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes

SENTANI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura menyampaikan perkembangan terkini kasus Coronavirus di Bumi Khenambay Umbay per 4 Mei 2020.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura, dr. Khairul Lie, S.KM, M.Kes, memaparkan, Pemkab Jayapura telah memeriksa ribuan orang melalui metode tes cepat arau Rapid Test Corona di wilayah karantina tertentu Pasar Lama Sentani sejak tanggal 2 April hingga 4 Mei 2020.

“Total sebanyak 2.575 orang telah menjalani rapid test di beberapa wilayah yang sudah masuk dalam zona merah, dari jumlah tersebut terdapat ratusan orang reaktif,” ujar Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (5/5) siang.

Dia mengatakan, rapid test sudah dimulai sejak tanggal 2 April 2020 dengan bantuan rapid dari Pemerintah Provinsi Papua, dimana melakukan tes cepat kepada para petugas kesehatan di RSUD Youwari dan juga masyarakat yang saat itu pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pertama di Kabupaten Jayapura.

“Setelah itu kebijakan rapid berkembang seiring informasi dan analisis data di masyarakat guna mempercepat penemuan kasus dilapangan sebelum terjadi gejala di lokasi-lokasi yang disinyalir merupakan pusat transmisi lokal,” ungkapnya.

Rapid test kemudian dilanjutkan kepada seluruh peserta kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan dan seluruh peserta kegiatan di Abepura sesuai himbuan yang disampaikan. Selanjutnya pemeriksaan melalui rapid test ini juga dilakukan pada wilayah karantina tertentu di Pasar Lama. Adapun daerah-daerah di kawasan Pasar Lama yang mengikuti tes ini mulai dari warga di jalan mabruk, Perumahan citra buana, Perumahan griya rasen, Perumahan darsua, Petugas medis, Petugas di gugus tugas, Pedagang keliling di Kabupaten Jayapura, Peserta kegiatan di Gowa, Peserta kegiatan Abepura, Perumahan sekitar kompleks Masjid Babul Janna pasar lama dan ODP lainnya diluar lokasi tersebut.

Selanjutnya bagi warga yang sudah dinyatakan reaktif melalui pemeriksaan rapid test ini akan dipastikan oleh pemeriksaan menggunakan swab tenggorokan,” bebernya.

Perlu diketahui saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah menyiapkan sejumlah ruangan di RSUD yowari dan didukung dengan hotel Sabang Land untuk menampung pasien-pasien yang dinyatakan positif covid 19.

Artikel Terkait

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Bams

Warga Kampung Sereh, Dibantu Mesin Pengolah Sagu dan Alat Pengasap Ikan

Jems

Doni Monardo Bangga Dengan Klub Persipura

Bams

Tokoh Adat Papua Beri Apresiasi dan Sambut Baik Kunker Kepala BNPB

Jems

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams