Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Marzuki Ambo: Karantina Wilayah Tertentu Kewenangan Kepala Daerah

Karantina Wilayah
Kepala Distrik Nimboran, Marzuki Ambo

SENTANI – Kepala Distrik Nimboran Marzuki Ambo mengatakan penetapan status karantina wilayah tertentu terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 merupakan kewenangan Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Jayapura selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Jayapura.

Menurut Marzuki Ambo, pemerintah distrik atau kepala distrik tidak memiliki kewenangan.

Dirinya menyebutkan bahwa Pakar politik dan hukum Universitas Nasional (Unas) Jakarta Saiful Anam sudah mengatakan penetapan status karantina wilayah terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 merupakan kewenangan pemerintah pusat. Menurut dia, pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan

Hal ini disampaikan Marsuki Ambo kepada wartawan pada Selasa (5/5) Siang, guna menjawab usulan warga dari Distrik Nimboran yang meminta Kepala Distrik di Wilayah Pembangunan III segera menutup akses keluar masuk wilayah itu guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Perlu diketahui bahwa untuk kebijakan tersebut merupakan keputusan dari kepala daerah. Kemudian untuk wilayah pembangunan III itu sebenarnya ada 8 distrik disana,” katanya.

Dia mengakui usulan Sejumlah warga di wilayah Pembangunan 3 tersebut sebenarnya berawal dari kekawatiran masyarakat setempat terkait adanya pemberitaan dari media yang menyebutkan perkembangan kasus positif covid 19 di wilayah kabupaten Jayapura terus meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan saat ini Covid 19 tidak saja terjadi di wilayah kota namum sudah menyebar ke wilayah lainya di Kabupaten Jayapura.

“Jadi masyarakat ini sebenarnya khawatir dan mereka memberikan masukan seperti itu,” ujarnya.

Diketahui data terupdate jumlah pesan covid 19 di Kabupaten Jayapura yang dirawat di rumah sakit daerah Yowari dan hotel Sabang Land yakni, 38 pasien positif covid 19. Jumlah ini dipastikan terus meningkat mengingat saat ini tim.guhus tugas terus melakukan pemeriksaan secara ketat menggunakan rapid tes terhadap daerah yang sudah terpapar.

Artikel Terkait

Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Berkibar Megah di Bukit Tungkiwiri

Jems

Peringati HUT RI, Kodam XVII/Cenderawasih Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

Jems

APS Umumkan Hasil Seleksi Bakal Calon Wakil Bupati Jayapura Emas Tahap II

Jems

Puncak Perayaan HUT ke- 96 Masuknya Injil di Ohey Yokhobha, Pdt Renhad: Injil Telah Merubah Tatanan Kehidupan Masyarakat

Jems

Berdoa untuk Kelancaran Pemilukada Damai, 7000 Umat Kristiani Ikuti KKR Polda Papua

Jems

Tutup FDS Ke- XIV, Walilo Sebut Dukungan Semua Pihak Hingga Apresiasi Pemkab Jayapura

Jems

Jemaat GKI Sentani Timur Lakukan Seminar Sejarah Masuknya Injil di Ohey Yokhobha

Jems

Puslitbang Polri Evaluasi Penggunaan Fixed Phone di Polres Jayapura

Jems

Bersama Tim Datangi DPC Demokrat, Ted Yones Mokay Ambil Form Formulir Pendaftaran

Jems

Leave a Comment