Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Faturachman Dikukuhkan sebagai Kepala Bank Indonesia Papua

Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Papua. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman mengukuhkan Faturachman sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Jumat (17/5/2024) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Papua.

Melalui pengukuhan ini, Faturachamn yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara resmi menggantikan Juli Budi Winantya, yang kini menjadi Kepala Grup Perumusan Kebijakan Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Prosesi pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan, pengambilan sumpah, dan serah terima jabatan yang telah dilaksanakan pada 15 Desember 2023 oleh Gubernur Bank Indonesia kepada 28 pimpinan satuan kerja, baik Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Dalam dan Luar Negeri.

Aida Budiman menyampaikan bahwa pergantian kepemimpinan merupakan bagian dari suksesi kepemimpinan dan implementasi transformasi kelembagaan Bank Indonesia kedepan untuk mencapai visi menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia maju.

Aida menekankan pentingnya inovasi dalam mengembangkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi baru di wilayah kerja KPwBI Papua untuk memperkuat struktur perekonomian, mendorong Pembangunan yang lebih inklusif, dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Beberapa factor yang perlu dioptimalkan potensinya antara lain, yaitu sektor pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Disamping itu, sinergi antara Bank Indonesia dengan berbagai stakeholders di daerah perlu terus diperkuat dalam mengawal perekonomian daerah.

Sementara itu Penjabat Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun memberikan apresiasi atas dukungan penuh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua dalam berkolaborasi dan bersinergi mengawal pertumbuhan ekonomi serta peran aktif dalam upaya pengendalian inflasi. Sinergi yang erat tersebut telah mengantarkan pertumbuhan ekonomi Papua pada triwulan I 2024 tertinggi se-Indonesia (17,49% yoy) dan inflasi tahunan Provinsi Papua pada bulan April 2024 terendah se-Indonesia (1,78% yoy).

Dengan dikukuhkannya Faturachman sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang baru, diharapkan sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini dapat semakin solid, sebagai bentuk kontribusi nyata untuk mewujudkan ekonomi Papua yang lebih kuat.

Upcara pengukuhan ini sekaligus bertujuan untuk memperkenalkan Kepala Perwakilan yang baru kepada stakeholders maupun mitra strategis yang telah menjalin kerjasama dengan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Bank Indonesia di wilayah kerja KPwBI Provinsi Papua.

Agenda pengukuhan yang dihadiri Kepala Daerah di Wilayah Papua, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Pimpinan Satuan Kerja Bank Indonesia, Pimpinan Perbankan, serta Pimpinan Lembaga/Instansi yang menjadi mitra kerja strategis di wilayah kerja KPwBI Provinsi Papua.