Pasific Pos.com
Ekonomi & BisnisPapua Barat

PLN UIP MPA Bersama Kejaksaan Agung RI Ekspose Proyek Kelistrikan di Papua Barat

PLN UIP MPA melakukan Ekspose Proyek Kelistrikan di Papua Barat bersama Kejaksaan Agung RI.

Jakarta – Dalam rangka pembangunan proyek kelistrikan Gardu Induk 150 kV Manokwari, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) melakukan Ekspose Proyek Kelistrikan di Papua Barat bersama Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, di Ruang Rapat Gedung Utama Kejaksaan Agung pada Kamis (4/4/2024).

Agenda yang diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut permohonan PLN UIP MPA kepada Kejagung terkait pengawalan pengamanan Pembangunan Proyek Strategis (PPS), dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan terhadap setiap ancaman, gangguan, hambatan, ataupun tantangan yang akan timbul pada pembangunan proyek-proyek strategis di lingkungan pemerintah. Salah satu diantara ruang lingkup bidang pengamanan pembangunan proyek strategis tersebut yakni sektor ketenagalistrikan.

Pada kesempatannya, Katarina Endang Sarwestri selaku Direktur Pegamanan Proyek Srategis (D), menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kedatangan PLN sebagai langkah sinergi bersama dalam membangun suatu daerah.

“Dalam kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi kepada PLN, melalui langkah tepat yang telah dilakukan ini dalam meminta dukungan kepada jajaran Jaksa Agung Muda Intelijen khususnya Direktorial D, dalam rangka pengamanan pembangunan strategis yang lokasi kegiatannya berada di daerah Manokwari, Papua Barat,” ucap Katarina.

“Kita bersama bersinergi, dimana pembangunan proyek Gardu Induk di Manokwari tersebut merupakan kegiatan yang dapat menunjang kebutuhan listrik bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah. Maka dari itu, kegiatan ini kita sama-sama memastikan agar pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran dalam rangka mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan proyek yang bersifat strategis baik nasional maupun daerah,” imbuhnya.

General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi menyampaikan proyek tersebut diharapkan akan selesai konstruksi di akhir bulan September 2024.

Proyek GI Manokwari berlokasi di Desa Amban, Kecamatan Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Wisnu mengatakan, kelancaran proyek strategis ini tidak lepas dari adanya sinergi serta dukungan dari antar institusi, dalam hal ini Kejaksaan Tinggi Papua Barat dan Kejaksaan Negeri Manokwari.

“Kami berterima kasih, semoga kegiatan seperti ini dapat meningkatkan sinergitas antara PLN UIP MPA dengan Kejaksaaan Agung, Kejati Papua Barat, hingga Kejaksaan Negeri dibawahnya yang tentunya akan mendukung kinerja serta pencapaian bersama,” ucap Wisnu dalam siaran pers, Jumat (5/4/2024).

Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan mulai dari pemaparan lengkap terkait progres hingga permasalahan yang berpotensi timbul dalam pembangunan proyek tersebut. Hadir secara langsung dalam acara tersebut Direktur Pengamanan Proyek Strategis pada Jamintel Kejaksaan Agung RI beserta jajarannya, Ahmad Shofwan Haryadi, Senior Manager Operasi Kontruksi 1 PLN UIP MPA, Hendri Iriawan, Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP MPA dan Abas Joni Wibowo, Manager Unit Pelaksana Proyek Papua Barat beserta jajarannya.