Pasific Pos.com
Headline Pendidikan & Kesehatan

1.826 Prajurit TNI Di Papua Terinveksi HIV/AIDS

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa saat memberikan keterangan pers di Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (1/12/2021). (Foto : Zulkifli)

Jayapura – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan bahwa 1.826 prajurit TNI yang bertugas di Papua telah terinfeksi virus HIV/ Aids.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang digelar di Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (1/12/2021).

Jenderal Andika menyebut, selama 10 tahun terakhir sebanyak 1.826 prajurit TNI AD yang bertugas di Papua terinfeksi virus mematikan tersebut.

“Kita tidak malu untuk mengungkapkan, karena ini fakta realita yang suka tidak suka kami hadapi. Bahwa kami juga punya prajurit yang menderita HIV hingga Aids,” ungkap Andika.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini satuan satuan memberikan pendampingan kepada yang prajurit yang terinfeksi dengan harapan dapat disiplin dalam melakukan pengobatan yang menggunakan fasilitas kesehatan Angkatan Darat.

“Karena apa? ini penyakit menular, individu kita beritahu, keluarganya juga kita beritahu, tujuannnya adalah supaya dia (prajurit terinfeksi) bisa terus bertahan hidup. memang ada beberapa obat yang bisa membuat pasien HIV dapat bertahan hidup lebih lama, namun tidak mematikan virusnya,” jelas mantan Kepala Staf TNI AD ini.

Panglima TNI Andika Perkasa juga menegaskan, bahwa selaku pimpinan dirinya kerap kali memberikan imbauan, penekanan kepada prajurit agar menjaga pergaulan yang baik sehingga terhindar dari virus yang menular lewat hubungan sex maupun lewat jarum suntik tersebut.