Pasific Pos.com
Info Papua

UPTB Anjungan Papua Kembali Menjalin Kerjasama Dinas Pendidikan dan Arsip Daerah

Kepala seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan (DPPAD) Papua, Athus Worumi, menyerahkan bantuan buku untuk Perpustakaan yang ada di Anjungan Papua, diterima langsung oleh Kepala Badan Penghubung Daerah Papua di Jakarta, Alexander Kapisa, Jumat 23 Juni 2023.
Jakarta – Kepala Badan Penghubung Daerah Papua di Jakarta, Alexander Kapisa Jumat 23 Juni 2023 kembali menerima kunjungan perwakilan dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Papua di Anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua berkunjung ke anjungan Papua di TMII dalam rangka menyerahkan bantuan buku dari DPPAD untuk Perpustakaan yang ada di Anjungan Papua.
Kepala seksi pembinaan dan pengembangan perpustakaan DPPAD Papua, Athus Worumi, menyampaikan bahwa kepala Dinas menitipkan pesan dan harapan agar dengan bantuan buku ini perpustakaan mini yang ada di anjungan Papua dapat menggalakan literasi.
 “Harapan Bapak Kepala Dinas  dengan adanya perpustakaan mini ini dapat menggalakkan literasi kepada masyarakat, literasi kepada pengunjung yang datang, khususnya literasi berkaitan dengan Papua. Jadi kita bersinergi untuk menggalakkan literasi ini, ” ujar Athus Waromi
Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Papua, Alexander Kapisa sebagai penerima bantuan buku menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah atas sumbangan bukunya ini.
 “Saya atas nama lembaga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Kepala Dinas beserta jajarannya yang telah merespon dengan cepat permintaan kami lewat diskusi informal dan langsung mengirimkan staf untuk menyampaikan beberapa literatur dan referensi untuk kami pajang di perpustakaan mini yang ada di anjungan Papua ini.” kata Alexander Kapisa.
Alexander Kapisa lebih lanjut menyatakan bahwa respon yang sangat cepat ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa dimana kita bisa bersinergis antar lintas SKPD dan sumbangan buku ini akan sangat membantu dalam menambah informasi tentang papua kepada pengunjung yang datang ke sini” tutup Alexander Kapisa.
DPPAD Papua menyumbangkan sebanyak 163 judul buku dalam 263 eksenplar. Sebagaimana diketahui bahwa Anjungan Papua yang ada di TMII saat ini terus berinovasi dan membangun koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak termasuk lintas OPD dalam rangka menjadikan anjungan papua sebagai etalase Papua di Jakarta dan sekitarya. Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup telah mengawali kerjasama dengan UPTB anjungan Papua dengan mendukung penyiapan Pojok UMKM di anjungan Papua.
Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) juga melakukan sinergi dengan UPTB anjungan Papua dalam rangka mengidentifikasi potensi obyek yang dapat dikenakan retribusi yang ada di anjungan Papua. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui UPTD Museum Negeri juga telah bersinergi dengan UPTB anjungan Papua dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan koleksi benda budaya yang ada di anjungan papua.
Plh Gubernur bersama Plh Sekda juga sudah melakukan kunjungan kerja ke Anjungan Papua dan memberikan apresiasi atas kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh Kepala Badan Penghubung Daerah Papua bersama seluruh jajarannya sehingga anjungan papua saat ini sangat layak menjadi destinasi wisata di antara anjungan-anjungan lain yang ada di TMII Jakarta.