Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Turut Berduka : Yanni Sedih Kehilangan Sosok Sahabat Politik, Abock Busup

Ketua DPD Gerindra Provinsi Papua, Yanni SH didampingi Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua Giovano Pattipawae dan Ketua DPC Gerindra Yahukimo, Merlis Heselo. (foto Tiara).

Jayapura – Keluarga besar DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Papua, menyampaikam turut berbelasungkawa atas meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Periode 2016 – 2021, bapak Abock Busup, S. Th. M. A.

Dimata Ketua DPD Gerindra Papua, Yanni SH, sosok Abock Busup yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Papua merupakan salah satu tokoh politik Papua yang dikenal baik, bersahaja dan ramah kepada setiap orang.

Menurut Yanni, meskipun berbeda partai, tetapi sebagai teman yang punya hubungan emosional, tentu sangat kehilangan atas kepergian Alm. Abock Busup. Apalagi, Gerindra dan PAN selalu berkoalisi dalam mengawal tahapan demokrasi di Provinsi Papua.

“Kami keluarga besar Partai Gerindra Papua, merasa sangat kehilangan sosok almarhum Abock Busup,”ungkap Yanni SH didampingi Anggota DPRD Kota Jayapura yang juga sebagai Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Papua, Giovano Pattipawae serta Ketua DPC Gerindra Yahukimo, Merlis Heselo saat sedang melayat di rumah duka almarhum Abock Busup di Grand Kotaraja, Selasa 5 Oktober 2021.

Bahkan lanjut Yanni yang juga sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR Papua ini mengaku kaget dan sempat tak percaya saat mendengar kepergian almarhum Abock Busup itu secara tiba -tiba Itu.

“Ini cara Tuhan memanggil umatnya seperti itu. Kita pun tak pernah tahu kapan kita akan dipanggil,” ucapnya.

Apalagi ungkap Yanni, Abock Busup ini merupakan sosok pemimpin yang ramah, juga santun, tidak sombong meski berbeda partai tetap bersahabatan.

“Saya kenal almarhum ini, sejak tahun 2004 silam, waktu itu ada Pilkada dan saya ikut maju di Kabupaten Yahukimo. Dimana saat itu Almarhum mendampingi dan mendukung saya maju di Yahukimo, ” ujar Yanni.

Dijelaskannya, sejak tahun 2004 – 2021, 17 tahun perjalanan, persahabatan politik ini terjalin antara Gerindra dan PAN. Sehingga, waktu beliau maju sebagai Calon Bupati Yahukimo periode 2021 – 2025, Gerindra juga memberikan dukungan.

“Beliau sangat bersahaja, rendah hati dan sangat peduli. Hal itu saya bisa melihat dari perjalanan politiknya,” kata Yanni.

Selain itu ungkap Yanni, beliau ini juga merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam membesarkan PAN diatas Tanah Papua.

“Itu terbukti dari lonjakan perolehan kursi, baik ditingkat Nasional, provinsi maupun kabupaten/kota di Papua,” bebernya.

Menurut Yanni, kepedulian almarhum juga terlihat di dunia politik, serta pemerintahan yang sangat baik. Dengan kepergian beliau ini, artinya kita kehilangan satu putra terbaik Papua.

“Bahkan, saya dengar kepeminpinan beliau di Yahukimo sangat baik, karena masyarakat disana selalu memberikan respon yang begitu luar biasa. Makanya Partai Gerindra memberikan dukungannya. Dan kami telah memberikan dukungan kepada beliau dua kali, bukan sekali, ” tuturnya.