Pasific Pos.com
Kota Jayapura

TNI – POLRI Lakukan Penanaman Ribuan Pohon Dan Pembersihan Pantai Holtekam

Aparat TNI - Polri se Garnisun Jayapura melakukan penanaman pohon dan pembersihan pantai Holtekam sepanjang kurang lebih 5 km.

Jayapura – Aparat TNI – Polri se Garnisun Jayapura melakukan penanaman pohon dan pembersihan pantai Holtekam sepanjang kurang lebih 5 km.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan dalam amanatnya mengatakan bahwa karya bakti pembersihan sampah dan penanaman pohon sepanjang pantai Holtekam bertujuan agar pantai tidak tercemar oleh sampah plastik.

“Butir butiran kecil dari elemen plastik yang dikenal dengan sebutan Mikro plastik yang terakumulasi dalam tubuh organisme laut yang mencemari lingkungan dan mengancam kesehatan manusia, ” Ujar Mayjen Izak Pangemanan di pantai Holtekam, Kamis (25/01/2024).


Lebih lanjut dikatakan penanaman pohon kelapa bertujuan untuk menahan abrasi dan gelombang pasang serta mengurangi dampak pemanasan global maupun bencana alam lainnya.

 

“Diharapkan sepenjang pantai Holtekam menjadi bersih dan pohon pohon yang ditanam dapat tumbuh besar menjadi tanggul alami, bahkan menambah pesona keindahan alam, sehat, sejuk dan nyaman, ” Ujarnya.

Ditekankan pula bahwa kegiatan ini merupakan implementasi kecintaan Kodam XVII/Cenderawasih bersama masyarakat bersatu dengan alam untuk NKRI.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti 1.116 orang peserta yang terdiri dari anggota TNI, anggota Polri, anggota paguyuban masyarakat, pelajar dan mahasiswa.

Pada akhir amanatnya Mayjen TNI Izak Pangemanan menekankan agar seluruh komponen masyarakat bersinergi untuk mengatasi permasalahan sampah, mencegah bencana sekaligus meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Papua.