Pasific Pos.com
Info Papua

Tingkatkan Toleransi, Keluarga Besar DPR Papua Buka Puasa Bersama

Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda, SH MH didampingi sejumlah anggota DPR Papua, Sekwan DPR Papua, Dr. Juliana J. Waromi, SE, MSi foto bersama Ustadz H. Achmad Jaenuri, LC, MH disela sela acara buka puasa bersama keluarga besar DPR Papua, Kamis 4 April 2024. (Foto Tiara).

Jayapura – Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana setiap muslim menjalankan kewajiban berpuasa setiap harinya dan ibadah puasa ini dikerjakan selama sebulan penuh, hingga tiba hari kemenangan Idul Fitri.

Untuk itu, di hari ke 24 Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M ini, keluarga besar Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menggelar buka puasa bersama (Bukber) dengan Pimpinan dan Anggota DPR Papua, Sekretariat DPR Papua beserta seluruh staf DPR Papua, yang berlangsung di Ruang Lobby DPR Papua, Kamis 4 April 2024.

Buka puasa bersama yang digelar oleh Sekretariat DPR Papua ini mengusung tema “Ramadhan Menciptakan Ruang Kedekatan dan Toleransi Yang Penuh Kasih,” dihadiri Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda, SH MH dan sejumlah anggota DPR Papua, diantaranya H. Junaedi Rahim, Mustakim, HR, Tan Wie Long, Yanni SH, Yonas Nussy, Yohanis Ronsumbre , Sekwan DPR Papua, Dr. Juliana J. Waromi, SE, MSi beserta Staf.

Tujuan Bukber ini dilakukan setiap tahunnya untuk lebih mempererat tali silaturahmi dalam lingkungan keluarga besar DPR Papua, terlebih khusus untuk meningkatkan rasa toleransi dan saling menghargai meski beda keyakinan namun tetap solid dan saling mengasihi.

Sekedar diketahui, acara buka puasa bersama keluarga besar DPR Papua ini diiringi tausiyah, yang dibawakan oleh Ustdz H. Achmad Jaenuri, LC, M.H.

Dalam tausiyahnya, Ustad Achmad Jaenuri mengajak kepada seluruh keluarga besar DPR Papua untuk terus menjaga Ukhuwah atau persaudaraan. Baik Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan sesama umat Islam. Ukhuwah Wathoniyah atau persaudaraan bangsa dan Ukhuwah Basyariah atau persaudaraan sesama umat manusia.

“Sehingga ini perlu dijaga dan kita juga harus tingkatkan rasa toleransi beragama dan juga lebih meningkatkan kedekatan antar sesama kita,” kata Ustadz Jaenuri dalam tausiyahnya dihadapan para tamu undangan sambil menunggu beduk buka puasa.

Sementara itu Sekwan DRP Papua, Dr. Juliana J Waromi, SE, MSi menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun digelar oleh keluarga besar DPR puasa.

“Saya merasa hal ini sangat penting, di moment Ramadhan seperti ini. Walaupun sebelumnya mendadak tapi panitia siap menjalankan, karena bagi kami buka puasa bersama ini adalah merupakan kegiatan rutin setiap tahun kita gelar di Bulan Suci Ramadhan. Sehingga semua dapat berjalan dengam baik dan lancar” ujar Sekwan Juliana Waromi dengan wajah berseri seri.

“Intinya Ramadhan ini menciptakan suasana yang dapat menjalin silaturahmi dalam keluarga besar DPR Papua,” sambungnya.

Lanjut dikatakan, acara buka puasa bersama dengan keluarga besar DPRP ini juga sebagai bentuk silaturahmi dan kedekatan toleransi yang penuh kasih antara sesama di lingkungan Sekertariat DPR Papua

“Ramadhan ini juga menciptakan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa antar umat beragama, khususnya yang beragama Islam tapi tidak menutup kemungkinan juga kami yang Nasrani. Apalagi ini sebagai momen untuk menjalin tali silaturahmi,”tuturnya.

Kendati demikian, ia berharap keluarga besar DPR Papua, dapat memaknai thema di Bulan Ramadhan tahun ini untuk tingkatkan toleransi di lingkungan keluarga besar DPR Papua

” Luar biasa acara buka puasa tadi. Kami berharap kedepan momen ini dapat terus terjalin, sehingga dapat lebih mempererat kedekatan antara umat beragama dengan penuh kasih, khusunya dalam keluarga besar DPR Papua ini,” harapnya.

Namun ada yang menarik di buka puasa bersama tahun ini, para tamu undangan di hibur dengan musik Gambus. (Tiara).