Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan dan Layanan Sambut Idul Fitri 1443 Hijriah

General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku dan Papua, Agus Sugiarto (kiri) foto bersama General Manager Consumer Sales Telkomsel Maluku dan Papua, Dedfriady Masta

Jayapura – Untuk memastikan kenyamanan pelanggan khususnya di wilayah Regional Maluku dan Papua yang mencakup Provinsi Papua, Papua Barat, dan Maluku untuk beraktivitas digital dan bersilaturahmi secara langsung maupun daring, Telkomsel memastikan kesiapan jaringan dan layanan.

General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku & Papua Agus Sugiarto mengatakan melalui rangkaian kegiatan Telkomsel Siaga dengan semangat #SambungkanSenyuman, Telkomsel melakukan sejumlah aktivitas pengamanan operasional jaringan selama periode Ramadan Idul Fitri (RAFI) yang diperkirakan mencapai puncaknya pada H minus satu lebaran.

Di wilayah Regional Maluku dan Papua, trafik layanan broadband diprediksi mengalami pertumbuhan sebesar 8.45 persen jika dibandingkan dengan hari normal di 2022.

Sementara, trafik layanan panggilan suara diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 1.05 persen dan layanan SMS turun 1.66 persen.

‘’Jika dibandingkan dengan periode RAFI tahun sebelumnya, layanan broadband diproyeksi tumbuh signifikan di angka 68.04 persen seiring semakin meningkatnya gaya hidup digital masyarakat,’’ kata Agus usai buka puasa bersama insan pers di Jayapura, Sabtu (23/4/2022).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut dia, Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di 655 BTS dan mengoperasikan tambahan dua unit Compact Mobile BTS atau Combat yang difokuskan pada lokasi residensial dan tempat umum.

“Kami melakukan penambahan kapasitas di tiga site dan penambahan perangkat di 11 site yang telah didukung teknologi broadband 4G/LTE terdepan serta layanan Voice Over LTE (VOLTE) di seluruh kota dan kabupaten untuk kualitas suara yang lebih jernih dan stabil,’’ ucapnya.

‘’Selain itu, kami senantiasa melakukan monitoring 24 jam dalam 7 hari terhadap performansi BTS dan kondisi jaringan dengan menempatkan Posko Telkomsel Siaga secara baik virtual maupun offline dengan tetap menjalankan protokol kesehatan bagi karyawan yang bertugas,” kata Agus. (Zul)