Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Telkom Berhasil Deteksi Titik Gangguan Sistem Komunikasi Kabel Laut Jasuka

Telkom Papua
Kantor Telkom Papua

Jayapura – Telkom telah mengidentifikasi titik gangguan pada sisten komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sulawesi, Kalimantan) ruas Batam – Pontianak yang menyebabkan penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia, termasuk di Papua pada Minggu (19/9/2021) pukul 17.33 WIB atau 19.33 WIT.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

“Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” ucap Pujo dalam keterang tertulis yang dikirim ke grup Whatsapp media, Senin (20/9/2021) sore.

Dia mengatakan, saat ini layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih.

“Saat kejadian, kami langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” kata Pujo.

“Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” ucapnya.

Pujo menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang selalu setia menggunakan layanan TelkomGroup.

“Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” katanya

sebelumnya, Telkom mengidentifikasi penyebab gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak.

“Kami langsung melakukan rerouting atau merubah rute trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan kembali normal pada pukul 02.00 WIB atau 04.00 WIT,” kata Ahmad Reza selaku SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom.

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” ucapnya. (Red)