Pasific Pos.com
Kota Jayapura

SMP Negeri 1 Jayapura Gelar Perayaan Hasil Belajar Yang Dirangkai Dengan Pentas Seni

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga saat mendampingi Asisten II Setda Kota Jayapura B. Widi Hartanti membuka acara Perayaan Hasil Belajar yang ditandai dengan pemukulan Tifa. (Foto Tiara).

Jayapura –SMP Negeri 1 Jayapura menyelenggarakan Perayaan Hasil Belajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sekaligus dirangkai dengan kegiatan Pentas Seni Sekolah, di Lapangan Upacara SMP Negeri 1 Jayapura, Dok V, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa 4 Mei 2024, pagi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Jayapura Utara Purnama Sinaga mengatakan, Perayaan hasil belajar P5 diimplementasikan kepada siswa kelas VII dan VIII, tema yang dipelajari bersama dalam Projek ini adalah Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, melalui kegiatan P5 ini, pihaknya berharap peserta didik bisa mengenal dan memahami tentang keberagaman. “Baik kekayaan kita yang terdiri dari berbagai suku, budaya dan beberapa agama. Itu merupakan kekayaan yang mustinya kita jaga untuk saling menguatkan dan saling memajukan,”kata Purnama Sinaga kepada sejumlah wartawan usai kegiatan.

Kepsek SMP Negeri 1 Jayapura Utara ini menjelaskan, dalam kegiatan P5 ini berproses selama 3 bulan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan selain mereka mendalami materi-materi, informasi atau isu-isu yang terkait dengan keberagaman mereka juga berdiskusi kepada tokoh-tokoh. Seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya berharap kegiatan P5 ini akan berdampak kepada pembentukan karakter peserta didik terutama di dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila persatuan, kesatuan, keadilan ketuhanan bisa diimplementasikan dalam kehidupannya sebagai warga masyarakat maupun sebagai pelajar.

“Saya berharap mereka terus belajar, baik di sekolah maupun di lingkungannya karena belajar itu bukan hanya secara teori tapi belajar itu juga dari proses berpikir lewat pengalaman atau kontekstualnya,”harapnya.

Sementara itu, dalam sambutan Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura yang disampaikan oleh Asisten II Setda Kota Jayapura B. Widi Hartanti mengatakan, Pendidikan adalah kunci kesuksesan, namun masih ada banyak cara dalam upaya mengalau kesuksesan itu. Salah satunya adalah pengembangan minat, bakat dan talenta anak.

“Projek penguatan profil pelajar pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar pancasila, ini dapat memberikan kesempatan kepada anak anak sebagai peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya,”imbuhnya.

Dikatakan, pada hari ini kita juga telah menyaksikan pentas seni sekolah, Pj. Wali Kota berpesan bahwa kesuksesan tak hanya dapat dicapai melalui kecerdasan intelektual semata namun juga melalui ekspresi kreatif dan seni yang mendalam.

“Karena seni bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga sarana untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, kreativitas dan kemampuan beradaptasi,” tutupnya. (Tiara).