Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Selain Bantu Bama, DPR Papua Juga Bantu Pembangunan Para-Para Adat Kampung Puay

DPR Papua Bantu Kampung Puay
Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda SH, MH dan para anggota DPR Papua, saat foto bersama masyarakat Kampung Puay.

Jayapura, – Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, kepedulian DPR Papua terhadap masyarakat tak pernah putus, bahkan tak mengenal lelah para legislator yang ada di parlemen ini terus berupaya mengunjungi langsung masyarakat yang terdampak dan tengah membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda, SH.MH didampingi Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Yikwa, SE, Ketua Pansus DPR Papua, Feryana Wakerkwa, S.IP. M, dan anggota DPR Papua, Emus M. Gwijangge, Namantus Gwijangge, Las Nagiri telah menyalurkan bahan makanan (Bama) kepada masyarakat yang ada di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (1/05), siang.

Yang mana bantuan ini diserahkan langsung oleh Ketua Pansus Kemanusiaan DPR Papua yang juga merupakan Sekretaris Komisi I DPR Papua, Feryana Wakerkwa.

Selain memberikan bantuan bahan makanan, DPR Papua juga akan membangun Para-Para Adat Kampung Puay yang sudah sekian tahun belum juga kelar pembangunannya.

“Ini merupakan program DPR Papua dan kita lebih banyak aktivitas di luar dalam membantu masyarakat di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19,” kata Yunus Wonda kepada wartawan disela-sela pemberian bama di Kampung Puay.

Menurutnya, pemberian bantuan bahan makanan kepada masyarakat itu, bukan masalah nilainya, tapi kehadiran anggota DPR Papua di setiap lingkungan masyarakat, untuk memberikan semangat kepada masyarakat dan memastikan DPR Papua bersama Pemprov, Pemkota dan Pemkab bersama DPRD kabupaten/kota ada ditengah-tengah masyarakat.

DPR Papua serahkan bama di Kampung Puay.

 

“Artinya rakyat tidak tinggal sendiri, kami selalu ada buat masyarakat,” ucapnya.

Apalagi kata Politisi Partai Demokrat ini, dengan adanya pandemi Covid-19, tentu sangat mempengaruhi aktivitas seluruh masyarakat, terutama dalam mencari nafkah dan menjual hasil kebunnya, ini tentu tidak seperti biasanya.

“Nah, dengan imbauan agar masyarakat tinggal di rumah, inilah kami DPR Papua turun memberikan bantuan. Karena kehadiran anggota DPR Papua ini untuk memastikan kepada masyarakat bahwa pemerintah dan DPR itu ada, masyarakat tidak sendirian. Jadi mari kita tetap semangat dan saling mendukung dalam menghadapi Covid-19, tidak ada batasan wilayah, tapi kita sama-sama saling mendukung membantu masyarakat agar Covid-19 segera berakhir,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, selain memberikan bantuan bama, DPR Papua juga siap membantu pembangunan para – para adat di Kampung Puay yang cukup lama dibangun, namun belum selesai hingga hari ini.

“Kami akan selesaikan para-para adat duluan, karena budaya masyarakat adat Sentani itu yang terpenting dalam lingkungan masyarakat adalah para – para adat itu, karena seluruh permasalahan harus diselesaikan di para – para adat. Sehingga kami dalam waktu dekat akan selesaikannya,” ujar Yunus Wonda.

Sementara itu, Kepala Suku Kampung Puay, Theo Kandauw menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPR Papua yang memberikan bantuan berupa bahan makanan di tengah pandemi Covid-19 dan sekaligus siap membantu penyelesaian pembangunan para – para adat di Kampung Puay ini.

“Kami mengucap terima kasih, karena dari bawah mereka kasih dan dari atas juga tidak ketinggalan memberikan bantuan kepada kami. Semuanya turun tangan memperhatikan masyarakat Kampung Puay,” tuturnya.

Diakui, meskipun pembangunan para-pqra adat ini sudah beberapa tahun dibangun secara swadaya oleh masyarakat kampung, namun hingga kini belum selesai.

Padahal ungkap Theo Kandauw, Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw merupakan anak asli dari kampung tersebut, namun dia belum sempat datang untuk mengunjungi masyarakat yang ada di Kampung Puay.

“Ya, ini memang kampungnya anak kami sendiri, Bupati Mathius Awoitauw, tapi tentu beliau memperhatikan semua masyarakat, bukan di kampungnya saja,” imbuhnya.

Artikel Terkait

Mantan Bupati Jayapura 2 Periode Meninggal Dunia, LKUB Sampaikan Ucapan Belasungkawa

Jems

Lewat Audensi, Kanwil Kemenag Minta Dukungan DPR Papua

Tiara

Ketidakpercayaan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Dinilai Masalah Utama Papua

Tiara

Tingkatkan Kebersamaan, Sekwan dan Anggota DPR Papua Beri Bantuan Hewan Qurban

Tiara

Reses di Keerom, Yunus Wonda Beri Bantuan Kepada Warga Jemaat Gidi El-Bethel Arso

Tiara

Yunus Wonda : Tidak Ada Regulasi Yang Mengharuskan Bupati atau Wabup OAP

Tiara

Reses di Dua Kampung, Yunus Wonda Serap Aspirasi

Tiara

Yunus Wonda : DPRP dan MRP Hanya Sebagai Fasilitator, Bukan Pengambil Keputusan

Tiara

Tiga Tahun Nasibnya Digantung, Moker PT Freeport Desak DPR Papua Bentuk Pansus

Tiara