Pasific Pos.com
Info Papua

Sekda Pimpinan Sertijab Tiga Kepala OPD Papua

JAYAPURA – Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Derek Hegemur memimpin serah terima jabatan (sertijab) tiga kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (31/05/2024).

Adapun pejabat OPD yang sertijab dari Hans Hamadi kepada Matias Benoni Mano sebagai Plt Sekretaris Majelis Rakyat Papua baru, M.B. Setyo Wahyudi kepada Hans Hamadi sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah Papua,  dan Aryoko Rumaropen kepada Elsye Penina Rumbekwan sebagai Kepala Badan Pengembangan SDA Papua.

Dalam arahannya, Derek Hegemur menginstruksikan para Kepala OPD yang baru untuk segera bekerja membantu kepala daerah melaksanakan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan sesuai tugas dan fungsinya.

“Kepala OPD yang baru dilantik harus segera lakukan penyesuaian dengan apa yang ada, membangun konsolidasi organisasi yang lebih kuat dan efektif,” tegasnya.

Menurutnya, kepala OPD memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak pada tahun ini, selain perubahan jumlah instansi dari 35 menjadi 40, juga ada sejumlah peraturan daerah yang mesti didorong pengesahannya.

Selain itu, sekarang ini pemrintah Papua diperhadapkan pada tekanan fiskal yang sangat besar di sepanjang transisi pemerintahan. Sebelum pemekaran daerah Papua mengelola dana APBD hampir Rp 15 triliun, kini hanya sebesar Rp 2 triliun lebih.

“Kepala OPD jangan dianggap sebagai masalah, tapi mari kita jadikan ini sebagai tantangan. jangan banyak bersungut, tetapi mari membantu gubernur untuk kita lewati tantangan ini,” ajak Sekda.

Sementara menyoal pengisian maupun mutasi jabatan, Sekda menambahkan, hal tersebut merupakan hal biasa dalam pemerintahan yang mesti dilakukan untuk mengisi posisi maupun jabatan yang kosong.

“Intinya cuma satu, kita ingin supaya rumah besar (pemerintahan) ini akan kita bawa dengan baik, tapi tentu ada penyesuaian dengan berbagai hal. Pasti 40 OPD ini harus diisi kepala rumah tangganya, sehingga kemarin kita lakukan mutasi. rotasi kepala OPD sudah hal biasa dalam organisasi pemerintahan,” tandasnya.