Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Sekda Hanna Hikoyabi Buka STQ Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Jayapura

Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.Pd, ketika menabuh Bedug sebagai tanda dibukanya pelaksanaan STQ Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2021, yang disaksikan oleh Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Kapolres Jayapura Dr. AKBP Victor Dean Mackbon, SH, S.IK, MH, M.Si, Wakapolres Jayapura Kompol Zet Saalino, SH, MH, Danramil Sentani Mayor Inf Jhon F. Dahar dan sesepuh serta Dewan Pengurus YPKP, di Pondok Pesantren Al-Kautsar YPKP, Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (26/3/2021) sore.

SENTANI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP, membuka kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXVI Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2021 di Pondok Pesantren Al-Kautsar YPKP Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (26/3/2021) sore.

Saat membacakan sambutan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Sekda Hanna Hikoyabi mengatakan, melalui rangkaian seleksi ini merupakan ajang dan perhelatan yang setiap tahun dilaksanakan secara berselingan dengan pelaksanaan MTQ dan berjenjang hingga ke tingkat Nasional bahkan internasional ini hendaknya tidak dipahami sebagai kegiatan rutin belaka. Tetapi, harus dimaknai sebagai ajang untuk menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Serta melalui STQ ini, dapat membangun keharmonisan, silaturahmi dan kebersamaan ditengah-tengah keragaman yang kita miliki sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran yang terkandung dalam Al-Qur’an,” katanya.

Dirinya berharap melalui pelaksanaan STQ ini setiap umat beragama termasuk umat Islam di Kabupaten Jayapura hendaknya terus mempertahankan dan juga meningkatkan toleransi antar umat beragama, toleransi intern umat beragama dan toleransi antar umat beragama dengan pemerintah sebagai upaya untuk membangun dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Apalagi saat ini kita masih berada dalam suasana yang penuh dengan kecemasan dan keterbatasan. Disebabkan wabah Covid-19 yang masih menghantui masyarakat dunia secara global, tatanan kehidupan menjadi berubah, terutama dampak ekonomi masyarakat menjadi terhambat,” paparnya.

“Meskipun wabah ini masih menyelimuti kehidupan masyarakat dunia, namun kita tetap optimis bahwa Tuhan Yang Maha Esa pasti membuka jalan dan solusi buat kita. Beberapa hari lalu, selaku Bupati Jayapura saya sudah putuskan bahwa untuk pelaksanaan ibadah di bulan suci Ramadhan dapat dilaksanakan oleh umat Islam di masjid maupun musholla, namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” tegasnya menambahkan.

Terkait dengan pelaksanaan STQ ini yang akan diselenggarakan selama dua hari ini dan juga memasuki bulan suci Ramadhan 1442 H, Bupati Jayapura dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Hanna mengajak, kepada umat Islam di daerah ini untuk terus menjaga dan meningkatkan keimanan. “Kemudian keamanan dan imunitas kita masing-masing dalam beraktivitas, bekerja dan beribadah dalam mengisi pembangunan yang terus kita laksanakan di Kabupaten Jayapura yang kita cintai guna mencapai kesejahteraan bersama,” ajaknya.

“Saya ucapkan selamat mengikuti pelaksanaan STQ ini, semoga menghasilkan Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Jayapura pada jenjang STQ selanjutnya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana STQ Ke-XXVI Tingkat Kabupaten Jayapura, Mustofa, S.Pd, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan STQ yang direncanakan digelar selama dua hari pada tanggal 26-27 Maret 2021 di Kompleks YPKP Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an ini untuk meningkatkan kemampuan seni baca tulis huruf Al-Qur’an bagi umat Islam di Bumi Khenambay Umbay dengan kaidah yang benar khususnya meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan mewujudkan visi Kabupaten Jayapura yakni Jayapura Bersama, Berkualitas, Sejahtera dan Ramah,” imbuhnya.

Dalam penyelenggaraan STQ KE-XXVI Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2021 ini diikuti 42 orang peserta dari 9 Distrik. Mereka akan bersaing pada dua (2) cabang perlombaan masing-masing, Tilawatil Qur’an yang terbagi dari golongan anak-anak dan golongan dewasa (Qori dan Qoriah) serta Hifdzil Qur’an yang terdiri dari 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz terdiri dari Hafidz dan Hafidzah.

Artikel Terkait

Disdukcapil Kabupaten Jayapura Fokus Limpahkan Pelayanan Offline ke Distrik

Afrans

Wabup Giri Tutup Musrenbang RKPD Kabupaten Jayapura Tahun 2022

Afrans

Wabup Giri Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan PD Wanita Islam Kabupaten Jayapura

Jems

Billy Suwae : Kalau Masyarakat Mendukung dan Tuhan Berkehendak, Saya Siap Maju

Jems

Wakili Pemerintah, Yanni Hadiri Undangan HUT KOMPAKH ke-5 di Kampung Hobong, Sentani

Tiara

Abdul Rahman Basri Ditunjuk Sebagai Ketua PCI Pengcab Kabupaten Jayapura

Jems

Lantik Ketua dan Pengurus KKK Kabupaten Jayapura periode 2020-2025, ini Harapan Ketum KKK Papua

Jems

Terpilih Sebagai Kepala Kampung Dobar, Ini Yang Akan Dilakukan Marice Yappo

Jems

30 November, Pemilihan Kepala Kampung Doyo Baru

Jems