Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Sebagai Wujud Kebersamaan, Forkom LKN Papua Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

Sekjen Forkom LKN Papua, Ir. H. Junaedi Rahim, IAI bersama Korwil wilayah V Forkom LKN Papua bidang Sosial Kemasyarakatan, Dipo Wibowo beserta anggotanya saat membagikan ratusan takjil kepada warga pengemudi roda dua dan roda empat. (foto Tiara).

Jayapura : Di Minggu kedua ini, Forum Komunikasi Lintas Kerukunan Nusantara (Forkom LKN) Provinsi Papua bidang Sosial Kemanusiaan melakukan bakti sosial berbagi kasih di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, dengan membagi bagikan takjil kepada pengendara roda dua maupun roda empat dan para pejalan kaki di depan Papua Trade Center (PTC) Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Sabtu 16 April 2022.

Di moment bulan suci Ramadhan ini Forkom LKN bidang Sosial Kemanusiaan membagikan tiga ratus kotak takjil kepada warga Kota Jayapura yang sedang melintas di ruas jalan PTC Entrop itu.

Hal ini dilakukan sebagai wujud kebersamaan dan toleransi antar umat beragam yang sudah terbangun dengan kokoh sejak dulu di Tanah Papua, khususnya di Bumi Cenderawasih ini.

Dipo Wibowo sebagai Korwil wilayah V Forkom LKN Papua bidang Sosial Kemasyarakatan mengatakan, puji syukur Alhamdulillah bahwa hari ini pihaknya dapat melakukan bhakti sosial berbagi kasih di bulan Ramadhan ini dengan membagikan takjil gratis kepada warga Kota Jayapura. Baik pengendara roda dua, roda empat maupun yang sedang berjalan kaki di ruas jalan PTC Entrop, Kota Jayapura.

“Ini Minggu kedua di bulan Suci Ramadhan, Forum Komunikasi Lintas Kerukunan Nusantara Provinsi Papua melakukan kegiatan bhakti sosial berbagi kasih untuk membagikan ratusan takjil kepada warga Kota Jayapura yang sedang menjalankan ibadah Puasa. Namun tak menutup kemungkinan jika ada saudara saudara kita dari non Muslim yang sedang melintas, kita pun membagikan takjil kepada mereka. Ini merupakan wujud rasa kebersamaan kita,” kata Dipo Wibowo saat ditemui Pasific Pos usai pembagian takjil di ruas jalan depan PTC Entrop, Sabtu 14 April 2022.

Pada kesempatan itu, Dipo Wibowo juga mengatakan, bahwa, Korwil wilayah V ini meliputi Jawa, Sunda dan Madura yang bersatu dalam wadah Forkom LKN Papua.

Apalagi lanjut Dipo, ini kegiatan yang kedua dan ini merupakan program dari Forkom LKN yaitu khususnya dibidang Sosial Kemanusiaan.

“Kita ada 7 Korwil di Forkom LKN Papua dan semua ada koordinatornya, tapi kita semua ini juga kan adalah pengurus, ya tentunya yang punya waktu bisa hadir untuk berbagi takjil,” ujar Dipo.

Dijelaskan, dalam Forkom LKN Papua terdiri dari Paguyuban. Untuk itu, di bulan suci Ramadhan ini, pihaknya berbagi kasih dengan membagi bagikan takjil kepada masyarakat secara gratis yang sedang melintas di ruas jalan tersebut.

Sekjen Forkom LKN Papua, Ir. H. Junaedi Rahim, IAI bersama Korwil wilayah V Forkom LKN Papua bidang Sosial Kemasyarakatan, Dipo Wibowo beserta anggotanya saat membagikan ratusan takjil kepada warga pengemudi roda dua dan roda empat. (foto Tiara).

“Di Minggu kedua ini, kami pun telah menyediakan tiga ratus kotak takjil yang isinya beberapa jenis kue dan air mineral untuk disantap saat berbuka puasa. Bahkan pembagian kotak takjil ini tidak hanya diberikan kepada umat muslim saja tapi saudara saudara kita yang non muslim juga kita berikan saat melintas di jalan. Baik yang pejalan kaki maupun pengguna roda dua dan roda empat,” jelasnya.

“Intinya kegiatan yang kita lakukan ini adalah karena rasa kebersamaan yang begitu tinggi. Apalagi pemberian takjil ini akan berlanjut hingga Minggu ke tiga sampai selesai, “sambungnya.

Kendati demikian kata Dipo Wibowo, pada prinsipnya, ini merupakan berbagi rasa, berbagi rezeki walaupun nilainya tidak seberapa tapi niat baik dari teman teman terutama dari pengurus Forkom LKN Papua itu yang kita syukuri.

“Jadi jangan dilihat dari nalainya atau jumlahnya, tapi bagaimana niat kita yang tulus untuk berbagi kepada sesama. Akan tetapi kami merasa bersyukur karena pada kesempatan ini kami pun bisa berbagi di bulan suci Ramadhan ini,” ungkap Dipo Wibowo yang juga sebagai Ketua Harian Paguyuban Himpunan Keluarga Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua.

Namun Dipo Wibowo menegaskan, apa yang pihaknya lakukan itu bukan mencari sensai, tapi tujuannya semata mata untuk sosialisasi atau pendekatan kita di dalam Forkom LKN ini.

“Jadi Forkom LKN Papua ini ingin memperlihatkan bahwa ada organisasi yang namanya Forkom LKN Papua yang semua paguyuban di Papua ini dapat berkumpul dan bersatu dalam wadah organisasi Forkom LKN ini,”terangnya.

Hanya saja ujar Dipo, masyarakat umum tentunya masih ada yang belum tahu apa itu Forkom LKN ini.

“Jadi lebih banyak ke sosialisasi dan perlu diketahui bahwa Forkum LKN ini tidak ada unsur politiknya. Mudah mudahan lewat pembagian takjil ini kita semua mendapatkan berkah dan amal dari Allah SWT di bulan suci Ramadhan ini,” pungkasnya. (Tiara).