Pasific Pos.com
Lintas Daerah PON Papua 2021

Sanggar Tari Agimuninameng Semarakkan Pertandingan Basket

TIMIKA – Perhelatan PON XX Papua Tahun 2021 semakin semarak dengan keikutsertaan peran serta masyarakat lokal. Salah satunya tarian Suku Amungme yang ditampilkan oleh Sanggar budaya Agimuninameng di sela-sela waktu istirahat pertandingan basket 5X5 bola basket di MSC, Rabu (29/9).

Yohana Maria Anggaibak selaku pimpinan sanggar mengatakan tarian yang ditampilkan oleh 18 mama-mama dan bapa-bapa asli suku Amungme di tengah lapangan basket yang jadi lokasi pertandingan ini secara tidak langsung menjadi bagian dari dukungan masyarakat lokal untuk sukseksnya PON XX di bumi Amungsa Tanah Kamoro.

“Kami tunjukan tarian suku Amungme ini sebagai bentuk dukungan kepada PON XX di daerah ini, kami menari dengan lagu-lagu bahasa daerah,” ujarnya.
Yohana yang juga salah satu ASN di lingkup Pemda Mimika ini mengatakan jika lewat tarian ini, masyarakat Agimuga yang tergabung dalam sanggar ini sangat mendukung PON XX. Sebagai orang asli suku Amungme, maka harus mendukung perhelatan akbar yang baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Mimika ini.

PON yang sebutnya juga menjadi ajang untuk menunjukkan harga diri orang Papua ini harus suskes. Sebagai tuan rumah, ia harap agar mereka tidak hanya menjadi penonton saja, namun bisa ikut terlibat langsung untuk mensukseskan PON XX Papua ini.
“Kita yang punya rumah, kita tuan rumah, kita yang punya tuan, kita harus tunjukan yang punya tempat ini ada tuanya, jadi PON ini harus sukses karena kita,” pungkasnya. (humas pb pon papua)

Artikel Terkait

Hari Terakhir PON, Tim Basket 3×3 Putri Sumbang Emas Untuk Papua

Bams

Gagal Melaju ke Semifinal, Ini Pendapat Tim Basket Banten dan Kalsel Soal PON Papua

Bams

Basket Putri DKI Jakarta Libas Papua, Pastikan Diri Masuk Semifinal

Bams

Tim Basket Papua Kalah Lagi, Jatim Kuasai Tiga Quarter

Bams

Bangkit di Quarter Ketiga, Tim Basket Putri Jatim Kalahkan Jabar 62-45

Bams

Papan Skor Tak Boleh Dipakai, TD Basket “Kalang Kabut”

Bams

Penantian 30 Tahun, Basket Putra Sulut Akhirnya Kalahkan Jawa Timur

Bams

Kejutan Terjadi Di Arena Basket Tim Putri Sulsel Kalahkan DKI Jakarta

Bams

Ubah Strategi di Quarter Kedua, Tim Basket Bali Menang Lawan Papua

Bams