Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Nasional

Presiden Jokowi Diharapkan Hadir Membuka Kongres AMAN dan FDS

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw ketika diwawancarai

SENTANI – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat hadir dan membuka Kongres AMAN dan Festival Danau Sentani yang rencananya dilaksanakan beberapa bulan mendatang.

Harapan itu disampaikan Bupati Mathius saat menerima kunjungan kerja Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Baparekraf RI, Amin Abdullah di Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di The Hele Yo Cafe, Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis 14 April 2022.

“Kita berharap presiden akan hadir sekaligus membuka dua acara tersebut,” harap Mathius ketika dikonfirmasi wartawan usai menerima kunjungan kerja Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf RI, Amin Abdullah.

Ia mengatakan, harapan itu sudah disampaikan Direktur Kemenparekraf dalam pertemuan pertemuan tadi.

“kita juga membicarakan tentang bagaimana membangun satu pemahaman kolaborasi untuk kabupaten/kota bisa lebih kreatif lagi oleh anak-anak muda,” jelas Mathius Awoitauw.

Mathius mengungkapkan, event Festival Danau Sentani yang dirangkai dengan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2022 mendatang itu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) di Kabupaten Jayapura.

“Sehingga panggung ini bagaimana menampilkan pagelaran budaya dan musik yang khas Papua dengan anak-anak muda dari seluruh Nusantara yang akan berkumpul disini dan itu bisa menjadi satu persembahan yang luar biasa untuk Papua maupun Indonesia. Event ini akan terjadi sebuah kekeluargaan dan persaudaraan, terus anak-anak muda hari ini yang aman tampil dalam event besok ini harus bisa tunjukkan satu terobosan. Bahwa, keberagaman yang kita miliki itu merupakan kekuatan besar,” imbuhnya.

“Jangan lagi perbedaan-perbedaan itu terus menyita waktu kita di mana-mana, dengan mempersoalkan satu sama lain. Nah, besok ini akan dilakukan, bahwa ini dunia kami, anak-anak muda akan merebut masa depan secara damai dan rasa persaudaraan, tetapi juga keunggulan-keunggulan maupun keunikan-keunikan dari seluruh Nusantara itu akan menjadi kekuatan untuk Indonesia yang lebih hebat,” sambung Mathius Awoitauw.

“Karena ini acara yang spektakuler, dan itu bisa mempersatukan semua kekuatan, semua kebudayaan dan juga semua keunggulan-keunggulan yang dimiliki di seluruh Nusantara,” kata Bupati Jayapura dua periode tersebut.

Menurut pria yang juga pencetus Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura itu, bahwa event yang nantinya akan dilakukan di Kabupaten Jayapura itu ada beberapa kegiatan sekaligus.

“Yakni, ada Kongres AMAN ke-VI di Wilayah Adat Tabi, Festifal Danau Sentani dan sekaligus memperingati 9 tahun kebangkitan masyarakat adat (KMA) di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut Bupati Mathius  didampingi oleh Ketua Kadin Kabupaten Jayapura Jaap A. Suebu, Ondofolo Kampung Sereh Yanto Eluay dengan sejumlah pimpinan OPD.