Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

PON XX, Garuda Indonesia Siapkan 29 Penerbangan Tambahan

Suasana dalam kabin pesawat Garuda Indonesia.

Jayapura – Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 29 penerbangan tambahan atau extra flight selama gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX 2021 Papua periode September dan Oktober 2021.

Sebelumnya, maskapai plat merah ini telah bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat sebagai Official Airline PON XX 2021 Papua pada Mei lalu.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jayapura, Radhitya Prastanika mengatakan, tambahan penerbangan tersebut untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara bagi kontingen selama perhelatan PON XX.

Untuk melayani kontingen, Garuda Indonesia menggunakan pesawat jenis Boeing kapasitas 120 seat dari seat normal 162 seat termasuk kelas bisnis dan ekonomi. Selain Boeing, Garuda Indonesia juga menyediakan pesawat jenis ATR untuk melayani penerbangan reguler intra Papua yaitu Jayapura, Timika dan Merauke.

Radhitya juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak menyediakan pesawat khusus untuk mengangkut kontingen PON XX Papua.

“Kita menggunakan pesawat yang selama ini melayani wilayah Papua. Tidak ada pesawat khusus, penumpang reguler dan kontingen diangkut secara bersamaan menggunakan pesawat yang sama,” jelas Radhitya, Senin (13/9/2021).

Radhitya mengatakan, telah menyediakan satu pesawat ATR untuk melayani kebutuhan penerbangan yang mendesak di intra Papua.

“Kita punya satu pesawat ATR yang bermalam di Jayapura,” kata Radhitya. (Zul)