Pasific Pos.com
Headline

Perdana, PWI Papua Gelar OKK Diikuti 70 Orang Wartawan

Jayapura – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua, perdana menggelar kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) bagi para calon Anggota maupun Anggota PWI Provinsi Papua yang diikuti 70 orang wartawan dari berbagai media. Baik media nasional maupun media lokal di Papua.

Kegiata ini berlangsung di Ruang Rastra Samara Mapolda Papua, Selasa 28 Mei 2024, siang, dengan mengusung thema “Meningkatkan Profesionalisme dan Membentuk Karakter Wartawan

Tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalitas wartawan Papua dalam melakukan kegiatan peliputan. Bahkan, sebanyak 70 wartawan yang telah mengikuti OKK pada, Selasa 28 Mei 2024 ini, dinyatakan lulus.

Disela sela kegiatan OKK, Ketua PWI Papua, Hans Bisay mengungkapkan, jika OKK sebelumnya pernah digelar oleh ketua PWI sebelumnya yakni, Usman Fakaubun di era tahun 1990-an.

“Tapi ini yang terbaru. Dan bisa dikatakan ini perdana. Ketika tahun 2000 kesini perdana untuk Papua,” ungkap Hans Bisay kepada sejumlah rekan wartawan di Ruang Rastra Samara Mapolda Papua.

Setelah di Provinsi Papua lanjut Hans, sapaan akrabnya, selanjutnya juga bakal menggelar OKK di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah.

“Jadi OKK-nya di Jayapura, kemudian ke Nabire ke Papua Tengah, lanjut di Papua Selatan. Tapi Papua Selatan masih akan digelar UKW makanya kita tunda dulu UKW kemudian gelar OKK,” paparnya.

Hans Bisay akui, jika OKK yang digelar perdana ini juga untuk mendukung Kontingen Papua yang akan berlaga di Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) nantinya.

“Karena syarat-syarat dalam Porwanas itu atlet yang mengikuti pertandingan, dia harus memenuhi syarat. Jadi harus ada kartu anggota PWI. Untuk mendapatkan kartu anggota ini, setiap wartawan harus mengikuti OKK kemudian UKW,” Jelas Hans Bisay.

Apalagi tandas Hans, PWI selalu membuka diri untuk wartawan di Papua, agar dapat bergabung sehingga dapat berkarya bersama PWI Papua. Selain di Provinsi Papua Induk kata Hans Bisay, OKK ini juga direncanakan bakal digelar di Papua Tengah dan Papua Selatan serta daerah DOB lainnya.

Sementara itu, Ketua bidang organisasi PWI pusat, H. Zulmansyah Sekadang mengatakan, 70 wartawan yang dinyatakan lulus sudah bisa menjadi anggota PWI. “Namun, saya berharap kawan-kawan yang hari ini dinyatakan lulus OKK sudah bisa bergabung menjadi anggota PWI,” ujar Zulmansyah.

Bahkan, Zulhamsyah juga bakal melaporkan ke pengurus pusat bahwa sebanyak 70 Wartawan di Papua telah bergabung bersama PWI Papua.

“Saya akan melaporkan hal ini kepada pengurus pusat. Jadi kita bertambah lagi anggota dari Papua sebanyak 70 orang,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana OKK PWI Papua, Hendriana Dian Kandipi menambahkan, OKK adalah salah satu tahapan untuk perekrutan anggota PWI.

Menurut Dian Kandipi yang juga merupakan Kepala Biro Antara Papua, sebelum menjadi anggota PWI seutuhnya, terlebih dahulu wartawan harus mengikuti OKK.

Apalagi kata Dian, OKK ini baru digelar di Papua, mengingat PDPRT PWI 2024 telah menegaskan hal tersebut. “Ini bertujuan agar anggota PWI Papua benar benar menjaga marwah PWI,” tandasnya.

Untuk itu, Dian Kandipi pun berharap, para wartawan yang mengikuti OKK ini, dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai. “Sehingga kedepan, teman teman bisa lebih dulu mengetahui bagaimana kita dapat lebih profesional sebagai Jurnalis atau seorang wartawan,” imbuhnya. (Tiara).