Pasific Pos.com
Olahraga

PERBAFI Papua Turunkan 15 Pegiat, Target 5 Emas pada Ajang Fornas VII Jawa Barat

Pegiat PERBAFI Papua melakukan latihan fisik menjelang Fornas VII Jawa Barat pada Juli mendatang. (Foto : Zulkifli)

Jayapura – Ketua PERBAFI Papua, Ignatius Hendra Hadi Saputra, SE mengatakan, Perbafi Papua menurunkan 15 pegiat untuk mengikuti Fornas VII Jawa Barat yang akan digelar mulai 3 Juli 2023.

“Rencana pelepasan pada 30 Juni 2023 oleh Pemprov Papua, kemudian 1 Juli 2023 kami berangkat menuju Bandung, dan 3 Juli mulai bertanding,” kata Ignatius.

Dia mengatakan, dari 15 pegiat, 11 diantaranya didukung oleh KORMI Papua, sementara 4 orang yakni 2 official dan 2 pelatih menggunakan dana pribadi yang disupport oleh CEO Visera Gym.

Ignatius berharap, Perbafi Papua mengulang sukses pada Fornas VI Sumatera Selatan tahun lalu dengan meraih medali sebanyak-banyaknya.

Perbafi merupakan salah satu induk organisasi di bawah payung Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI).

Pegiat Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI) Papua telah mematangkan persiapan menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-VII di Bandung, Jawa Barat dengan melakukan latihan fisik di kawasan Pantai Ciberi, Kota Jayapura, Papua, Minggu (11/6/2023).

Pelatih PERBAFI Papua, Thosy Nahumury menjelaskan, para pegiat melakukan cutting yakni fase atau rentang waktu training dan diet yang ditujukan untuk mengurangi kadar lemak tubuh yang menutupi otot sambil mempertahankan massa otot sebanyak-banyaknya.

“Jenis latihan ini dilakukan dengan berjemur di bawah terik matahari dengan durasi paling lama 30 menit, setelah itu para pegiat berenang beberapa saat,” jelas Thosy.

Para pegiat juga melakukan diet. Memasuki bulan diet, para pegiat tidak lagi menkonsumsi karbo, kemudian sehari menjelang pertandingan tidak menkonsumsi air.

Thosy mengatakan, tiga bulan sebelum tanding, para pegiat melakukan training center (TC) di Visera Gym sebagai basecamp PERBAFI Papua.

“Selama mengikuti TC, para pegiat mendapatkan asupan nutrisi berupa makanan diet, suplemen, dan vitamin,” ujarnya.

Para pegiat PERBAFI Papua akan mengikuti lomba di kategori men sport model , jeans Model, men fitness, women Fitness, Ms.Glamour, Men beach model dan binaraga usia diatas 45 tahun. (Zulkifli)