Pasific Pos.com
Info Papua

Penyembelihan Hewan Kurban Diberbagai Lokasi di Jayapura, Ribuan Kupon Disebar

Hewan kurban di Masjid Al Askar Jayapura. (Foto : Sari)

Jayapura – Pelaksanaan Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijah 1444 Hijriah/29 Juni 2023 di Jayapura, Papua berjalan lancar dan tertib. Penyembelihan hewan kurban menjadi salah satu rangkaian perayaan Iduladha termasuk di Papua.

Penyembelihan hewab kurban dilakukan setelah umat muslim melaksanakan shalat Iduladha. Dari pantauan jurnalis Redaksipotret.co di berbagai lokasi di Jayapura, beberapa masjid dan perorangan melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Salah satu masjid yang melakukan penyembelihan dengan jumlah hewan kurban mencapai 18 ekor sapi dan kambing yakni Masjid Raya Baiturrahim Jayapura.

Panitia Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah Masjid Raya Baiturrahim Jayapura menyediakan 1.200 kupon yang telah disebar kepada warga yang berhak menerimanya.

Selain masjid tersebut, Masjid Al Askar Jayapura yang terletak di kawasan Bucend II Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua ini telah menyembelih 24 ekor hewan kurban terdiri dari 21 sapi dan 3 kambing dengan jumlah kupon yang dicetak 1.300 lembar.

Masjid lainnya yakni Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Kabupaten Jayapura menyembelih 16 ekor hewan kurban terdiri dari 12 sapi dan 4 kambing dengan jumlah kupon yang disediakan sebanyak 1.000 lembar.

Masjid yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban merupakan sumbangan dari jemaah, pemerintah, salah satu partai politik dan perorangan.

Penyembelihan hewan kurban juga dilakukan sendiri oleh keluarga Hasanudin, salah satu warga Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.

Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah merupakan tahun kedua Hasanudin melakukan penyembelihan satu ekor sapi.

Dibantu para kerabat terdekat saat penyembelihan hingga pendistribusian, Hasanudin telah membagikan daging kurban kepada warga sekitar tempat tinggalnya dan kerabat yang datang ke kediamannya.

Hasanudin mengungkapkan alasan melakukan penyembelihan sendiri agar bisa merasakan daging kurban bersama orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Dari satu ekor sapi yang disembelih menghasilkan kurang lebih 100 Kilogram daging. (Sari)