Pasific Pos.com
Headline Pendidikan & Kesehatan

Pelni Jayapura Tidak Buka Pelayanan untuk Penumpang Umum Selama Agustus

Pelni Tunggu Juknis Pemprov Papua
Calon penumpang saat melihat jadwal pelayaran kapal Pelni.

Jayapura – PT Pelni Cabang Jayapura tidak melayani penumpang umum baik yang masuk maupun keluar Jayapura selama Agustus 2021.

Ditiadakannya layanan tersebut guna mendukung kebijakan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Papua, terlebih di Kota Jayapura.

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Whendy R. Imkotta mengatakan, keputusan tersebut diambil oleh manajemen Pelni lantaran kasus orang terpapar Covid-19 di Jayapura terus meningkat.

“Hasil evaluasi, kasus Covid bertambah akibat penumpang masuk ke Jayapura,” kata Whendy usai mengikuti rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Kota Jayapura, Senin (2/8/2021).

Whendy mengungkapkan, saat ini tidak ada kapal Pelni mengangkut penumpang umum dalam perjalanan menuju Jayapura lantaran pihaknya telah menyampaikan keputusan tersebut kepada masyarakat lebih awal.

Menyoal jumlah kapal yang digunakan untuk mengangkut logistik ke Papua, Whendy mengatakan, mengikuti kebijakan Pelni pusat berdasarkan keputusan pemerintah daerah.

“Kita mengikuti kebijakan kantor pusat terkait jumlah kapal yang akan digunakan untuk mengangkut logistik. Namun, untuk mengangkut penumpang umum pada kondisi normal, Pelni mengoperasikan 5 kapal dengan 10 kali kunjungan dalam sebulan,” ucapnya. (Zul)