Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi

Para dosen dan peserta berfoto bersama (foto:ist)
‘Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru’

Oleh : Rikardus Feribertus Nikat, S.Pd, M.Pd (Dosen Jurusan Fisika) dan Novike Bela Sumanik, S.Pd, M.Pd (Dosen Jurusan Pendidikan Kimia)

MERAUKE,ARAFURA,-Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas tridharma perguruan tinggi yang merupakan kewajiban bagi setiap dosen di perguruan tinggi. Adapun tugas tridharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, pelatihan dan pengabdian. Sebagai bentuk tanggung jawab sebagai dosen Universitas Musamus adalah memberikan wawasan pengetahuan dan membagikan kepada kalayak masyarakat. Salah satu tim dosen dari Universitas Musamus melakukan kegiatan pengabdian di SMPN 3 Merauke. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pemberian pelatihan terkait e-modul dalam era new normal, untuk membantu guru dalam menyampaikan IPTEK kepada para siswa.

E-modul merupakan salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital. E-modul merupakan modul elektronik yang berisikan materi pelajaran yang didalamnya dapat memasukan gambar, teks, video dan audio. E-modul ini juga sebagai salah satu kontribusi dalam menjaga lingkungan dengan penghematan kertas. Sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik dan efektif, guru diharapkan mampu mengaplikasikan e-modul dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan obeservasi oleh tim, pembelajaran di sekolah masih menggunakan buku teks sebagai media ajar sehingga siswa hanya bias mempelajarinya jika membawa buku teks tersebut dan kebanyakan buku ajar terlalu banyak tulisan sehingga kurang menarik bagi siswa, dan ketersediaan buku ajar yang terbatas menyebabkan tidak meratanya pembagian buku sehingga tidak semua siswa memilikinya.

Seorang guru harus menguasai keterampilan inovatif menghadapi era industri 4.0. Keterampilan inovatif adalah kemampuan dalam memperkenalkan sesuatu yang baru. Guru adalah garda terdepan di kelas yang dapat memberi kesempatan besar untuk membuat atmosfir pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Guru dengan keterampilan inovatif maka akan menjadi agen pembahuruan yang dapat merubah generasi anak bangsa menjadi lebih baik melalui sistem pembelajaran yang inovatif dan menarik. Dengan E-modul dapat mentransferkan peran dan fungsi konten dalam belajar mengajar menjadi luwes dan fleksibel. Manfaat secara nyata bahwa, siswa lebih mudah mengakses panduan belajar dan termotivasi untuk belajar lebih baik.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada hari selasa, 24 oktober 2020 yang diikuti oleh guru-guru SMP 3 Merauke. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 yang dibuka oleh kepala sekolah SMPN 3 Merauke, dan dilanjutkan pemaparan terkait e-modul dan membantu para peserta menyiapkan naskah modul yang akan dibuat e-modul. Kegiatan dilanjutkan dengan tutorial cara pembuatan cover yang menarik melalui media Canva serta mendesign e-modul agar lebih inovatif oleh narasumber 1 Novike Bela Sumanik,S.T.,M.Pd. Dalam pengabdian ini peserta pelatihan tidak hanya di sajikan materi namun setiap peserta juga dibekali dengan panduan penyusunan e-modul agar lebih mudah dipahami. Setiap peserta juga dibantu menginstal aplikasi 3D Pageflip profesional, sehingga para peserta sudah siap menggunakan aplikasi dan siap untuk pelatihan.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan narasumber ke 2 yaitu Rikardus Feribetus Nikat, S.Pd.,M.Pd dengan memberikan pelatihan terkait penggunaan aplikasi 3D Pageflip profesional. Dimulai dari pengenalan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi, dilanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran dengan Flipbook. Kegiatan ini juga di bantu oleh mahasiswa yang sudah dibekali wawasan terkait penggunaan aplikasi. Para peserta sangat antusias dalam pelatihan terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Kepala sekolah SMPN 3 Merauke menyatakan rasa terimakasih kepada tim dosen universitas musamus atas pelatihan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi inovatif. Selain itu berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan perwakilan guru. Mereka sangat puas dan senang telah mendaptkan pengalaman dan ilmu baru, mereka berharap tim dosen dari Universitas Musamus memberikan ilmu-ilmu yang baru untuk meningkatkan kualitas sebagai guru.

Artikel Terkait

Dosen Unmus Lakukan Desiminasi Produk Teknologi Alat Pengering Padi

Arafura News

HMJ Fisika Unmus Berbagi Kasih Dan Keceriaan Natal

Arafura News

Kunjungi Unmus, Rektor Unimal Jajaki Pertukaran Mahasiswa

Arafura News

Program Lanjutan Kegiatan PHP2D HMJ Pendidikan Matematika

Arafura News

Dosen Unmus Lakukan Pengabdian, ‘Pembuatan Pempek Gastor Di Kampung Sumber Mulya Distrik Kurik’

Arafura News

UKMI Al Kamil Unmus Gelar Pelatihan Menulis Opini

Arafura News

Dosen Unmus Beri Pelatihan Google Classroom Dan Quizizz

Arafura News

Pengembangan Desa Mitra Di Kampung Wasur

Arafura News

Tim Dosen Unmus Hibahkan Alat Peraga Fisika Karya Mahasiswa

Arafura News