Pasific Pos.com
Kota JayapuraPendidikan & Kesehatan

PAUD Kasih Mama fokus pada pembelajaran memahami

Jayapura – Peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Mama, Kota Jayapura, Papua difokuskan pada pembelajaran memahami.

 

Demikian disampaikan Kepala Sekolah PAUD Kasih Mama Jayapura, Siti Amanah ketika acara pelepasan peserta didik tahun ajaran 2022-2023, Sabtu (17/6/2023) di Kota Jayapura.

 

Ia menjelaskan secara umum teknis mengajar dan metode pembelajaran PAUD yakni bermain, bercerita, menyanyi, karyawisata dan demonstrasi.

 

“Kegiatan pembelajaran memahami sesungguhnya di fokuskan pada siswa jenjang PAUD dan pada awal masuk Sekolah Dasar (SD),” ungkapnya.

 

Saat akan memasuki jenjang SD, kata Siti sering kali ditemui anak-anak diperlakukan seperti sudah belajar. Artinya sekolah tidak melalui pembelajaran memahami tetapi langsung pada menghafal.

 

“Padahal idealnya anak-anak belajar melalui kegiatan bermain agar siswa dapat menyesuaikan diri, jadi baiknya pada awal memasuki SD siswa masih melalui proses pembelajaran memahami oleh guru,” ujarnya.

 

Dia menambahkan tahapan pada pendidikan usia dini sebaiknya di fokuskan pada pembelajaran yang menyenangkan dengan mengembangkan aspek-aspek standar kompetensi diantaranya pembentukan moral dan nilai-nilai spiritual, fisik dan motorik, sosial dan emosional, bahasa, kognitif, seni dan aspek lainnya.

 

“Hal-hal ini yang penting untuk diterapkan di PAUD agar proses belajar mengajar pada anak usia dini dapat tercapai dengan optimal sehingga tujuan yang diharapkan sesuai dengan yang direncanakan,” pungkasnya.