Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Pastor Sulung Keerom Telah Lahir

Tampak Pastor Sulung Keerom saat diantar kedua orang tua untuk ditahbiskan.

“Tinggal Bersama Dia Dan Diutus”

Keerom – Soterius Pangguem, OSA merupakan Pastor Sulung bagi kabupaten Keerom. Pastor Soterius merupakan Pastor pertama putra asli dari Keerom yang ditahbiskan oleh Uskup Keuskupan Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar, OFM.

Ketiga Pastor yang ditahbiskan ini adalah Pastor Soterius Pangguem. OSA, Pastor Paulus Harry Ohoiledwarin dan Pastor Patrissius Sutrisno. OSA dalam misa kudus di Gereja Katolik Paroki St. Wilibrordus Arso, Minggu (30/01/2022).

Uskup Mgr Leo Labba Ladjar dalam kotbahnya mengajak semua umat untuk mengucap syukur atas tahbisan ini.

“Ini adalah anugrah Allah bagi kita. Kita bersyukur khususnya untuk Pastor putra daerah asli Keerom. Inilah putra pertama dari Keerom, ” ujar Uskup.

Dikatakannya pula, ketiga Pastor ini telah dipanggil oleh Kristus untuk melayani seperti murid murid yang pertama. “Dipanggil untuk mewartakan kerajaan Allah agar orang orang bertobat dan percaya kepada Allah,” ujar Uskup.

Dikatakannya pula, sebagai pengemban tugas mulia, Allah telah memilihnya. “Allah sudah mengenal orang pilihannya sejak dalam kandungan. Ini seperti Yeremia, dimana missi Allah hadir dalam dirinya. Allah memberikan jaminan bahwa dirinya akan kuat, dengan syarat tetap tinggal di dalam Allah dan setia dalam Allah,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Uskup juga mengingatkan bahwa tidak ada larangan bagi para Pastor untuk aktif dalam berbagai kegiatan lembaga swadaya masyarakat atau LSM, namun hendaknya tetap dalam koridor ajaran Allah.
“Ada Pastor Pastor yang berbakat menyampaikan kotbah dengan baik. Ini suatu anugrah. Di jaman digital ini sering kali kotbah kita disiarkan. Kadang ini menjadi bahaya, karena ingin viral kita menjadi diri sendiri, kita menjadi lupa bahwa kita harus tetap hidup sesuai ajaran Tuhan,” ujar Uskup mengingatkan.

Pada akhirnya Uskup mengajak semua umat untuk tetap dekat dengan Tuhan dan mendengarkan serta menjalankan perintah Allah dengan segenap hati serta membagikannya kepada masyarakat.