Pasific Pos.com
Headline

Papua Ikut Semarakkan HUT ke-44 Tahun Dekranas di Kota Solo

Solo – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua ikut menyemarakkan HUT ke-44 tahun Dekranas.

Kegiatan ini berlangsung di Alila Solo, Jawa Tengah, pada Rabu 15 Mei 2024. Tema yang diusung adalah ‘Bangga Kriya dan Budaya Indonesia’.

Pj. Gubernur Papua Dr. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM, berharap melalui wadah Dekranasda yang ada di Daerah bisa menjadi mitra strategis Pemda untuk meningkatkan Potensi yang ada di Provinsi Papua, tentunya dengan demikian akan memacu pertumbuhan ekonomi di Papua. Gelaran iven ini pun yang dihelat secara periodik juga bisa menumbuhkan jiwa enterpreneur dan Bangga Buatan Indonesia.

Kegiatan ini juga dihadiri Ibu Negara, Iriana Jokowi bersama istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani, dan juga diikuti ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) serta pengurus Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Ibu Wury Ma’ ruf Amin selaku Ketua Umum Dekranasda dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Ibu negara serta ibu-ibu Oase kabinet Indonesia Maju yang telah berkenan hadir dalam acara pembukaan.

Dikatakannya sejak didirikan 44 tahun yang lalu Dekranas telah menjadi tonggak dalam mengambangkan potensi kerajinan yang ada. Dinamika yang ada hari ini menuntut kita harus terus berinovasi di tengah masalah global yang kita alami.

“Kita harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk dan terus memperluas jaringan pemasaran tidak hanya didalam negeri bahkan sampai kemancanegara.Tidak kalah penting kita juga harus memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan serta regenarasi para perajin. Mari kita terus tumbuh bersama, menginpirasi satu sama lain memajukan warisan bangsa sesuai dengan tema Dekranas tumbuh bersama majukan bangsa. Terimakasih dan apresiasi kepada ketua panitia, tuan rumah dan seluruh pengurus Dekranas di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota karena sudah menyelenggarakan kegiatan ini,“ pungkas Wury Ma’ruf Amin.

Sebagai informasi, Pj Gubernur dan Ketua TP PKK menyaksikan parade 104 mobil hias yang diikuti oleh kurang lebih 11.250 peserta dari berbagai daerah, baik dari Dekranas maupun PKK se-Indonesia. Parade dimulai dari Stadion Sriwedari, melalui Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Balai Kota Solo.