Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Pansus PON DPR Papua Bagikan Tas Noken Kepada Atlet Panahan Untuk Souvenir

Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya, SIP, MSi saat menyerahkan Noken sebagai souvenir atlet kepada Ketua Panpel Panahan, Hengky F. Sawaki didampingi Ketua Pengprov Perpani Papua, DR. Juliana J. Waromi, SE, MSi di Venue Panahan, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Juma 1 Oktober 2021. ( foto Tiara).

Sentani – Sebagai tuan rumah penyeleanggaraan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XX Papua, Panitia Khusus (Pansus) PON XX DPR Papua, telah membagikan Noken untuk dijadikan sebagai souvenir kepada atlet yang bertanding di Venue Panahan PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat siang, 1 Oktober 2021.

Perlu diketahui, jika Noken yang diberikan kepada tiap atlet yang bertanding dalam PON XX Papua itu, adalah merupakan hasil pembelian dari mama – mama pengrajin Noken yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Salah satunya, noken itu diberikan di Venue Panahan PON XX Papua, yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya, SIP, MSi kepada Ketua Harian Pengprov Perpani Papua, Hengky F Sawaki, SE. didampingi Ketua Pengprov Perpani Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi serta sejumlah pengurus Perpani Papua.

Usai penyerahan Noken, Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya, mengatakan, dengan moment PON XX Papua yang baru kali ini terjadi di Bumi Cenderawasih, ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Papua.

Untuk itu, ia mewakili Pansus PON XX Papua dan masyarakat Provinsi Papua mengaku merasa bangga sehingga memberikan cinderamata berupa Noken kepada setiap atlet yang bertanding.

“Nah, Noken ini kami Pansus PON XX DPR Papua berikan sebagai cinderamata,” ujar Agus Kogoya

Apalagi, Noken itu, kata Agus Kogoya, merupakan hasil dari pembelian dari mama – mama Papua sebagai pengrajin Noken untuk disuplay kepada atlet – atlet yang bertanding di berbagai cabang olahraga.

Agus Kogoya yang juga Ketua Fraksi Gabungan II Bangun Papua DPR Papua mengakui, jika ada noken yang telah dibeli dari mama – mama Papua pengrajin noken, kemudian oleh Pansus PON XX DPR Papua, memberikan kepada atlet – atlet sebagai cinderamata.

Yang jelas, lanjut Agus Kogoya, Pansus PON XX DPR Papua akan terus berupaya mendorong, agar dengan kegiatan pembagian souvenir atau cinderamata Noken ini, dapat memberikan manfaat bagi mama – mama pengrajin noken dengan turut membantu meningkatkan pendapatan mereka.

“Ada target sukses ekonomi dalam PON XX Papua ini, ya salah satunya kita harus mendukung ini kepada mama-mama pengrajin noken dengan membeli dagangannya, untuk menjadikan cinderamata bagi para atlet yang bertanding,” jelasnya.

Setidaknya, ungkap Agus Kogoya, noken itu dibeli Pansus PON XX Papua dari berbagai wilayah adat, termasuk dari Meepago, Laapago, Tabi dan lainnya.

“Ya, tentu pemberian cinderamata Noken ini, untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya Papua kepada atlet yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, karena banyak yang belum tahu termasuk Noken ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Harian Perpani Papua, Hengky F. Sawaki, SE sangat mengapresiasi Pansus PON XX DPR Papua yang telah memberikan cinderamata kepada atlet yang ikut bertanding.

“Kami akan bagi noken ini kepada para atlet. Disini ada 160-an atlet,” ujar Hengky Sawaki yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Cabor Panahan.

Selain memberikan apresiasi, namun pada kesempatan itu juga, Hengky Sawaki menyampaikan terima kasih kepada Pansus PON XX DPR Papua yang telah memberikan cinderamata kepada para atlet-atlet itu.

“Ini juga kan sekaligus mempromosikan kita punya Noken, supaya mereka tahu bahwa ada Noken sebagai budaya Papua dengan berbagai dibentuk yang disulap menjadi tas cantik untuik dijadikan oleh – oleh atau cinderamata,” tutup Hengky Sawaki. (Tiara).