Pasific Pos.com
Headline

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Peringatan Hari Juang Infanteri Ke 75

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Juang Infanteri ke-75 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Pancasila Rindam XVII Cenderawasih

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Juang Infanteri ke-75 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Pancasila Rindam XVII/Cenderawasih, Sentani, Jayapura, Selasa (19/12/2023).

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

Pada tahun 2023 ini, peringatan Hari Juang Infanteri mengusung tema “Infanteri Yang Profesional, Modern dan Dicintai Rakyat”.

“Tujuan upacara peringatan Hari Juang Infanteri ini adalah untuk memperkuat kebanggaan Korps Infanteri sebagai alat utama terdepan dalam setiap tugas, sekaligus untuk mengenang kembali peristiwa Heroik pertempuran 19 Desember 1948, yaitu aksi melawan agresi militer Belanda,” jelas Letkol Candra.

Pada upacara tersebut, Pangdam XVII/Cen membacakan amanat Komandan Pusat Persenjataan Infanteri (Danpussenif) Kodiklatad yang menegaskan bahwa Hari Juang Infanteri adalah hari yang ditetapkan sebagai momentum bersejarah bagi Korps Infanteri yang terjadi saat perang kemerdekaan dimana memiliki nilai historis yang tinggi.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Juang Infanteri ke-75 Tahun 2023, bertempat di Lapangan Pancasila Rindam XVII Cenderawasih

“Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda tanggal 19 Desember 1948. Kemudian Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada angkatan perang Republik Indonesia untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan, yaitu rencana untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat Semesta,” jelas Pangdam

“Nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang memenangkan pertempuran Ambarawa kemudian diabadikan sebagai Hari Juang Infanteri. Hari Juang Infanteri simbol kejayaan dan kemuliaan, yang harus dijunjung tinggi. Korps yang terbesar di TNI Angkatan Darat,” imbuh Pangdam.

Lebih lanjut disampaikan Pangdam bahwa tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karateristik. Ingat, kebersamaan Prajurit Infanteri dengan rakyat merupakan cerminan jati dirinya sebagai Tentara,” tutup Pangdam.

Turut hadir dalam upacara ini, Irdam XVII/Cen Brigjen TNI Mukhlis, S.A.P., M.M., Kapoksahli Pangdam XVII/Cen Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P., M.M., Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, Danrindam XVII/Cen Kolonel Inf Kolonel Inf Suhartono, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, Para Asisten Kasdam dan Dan/Kabalakdam XVII/Cen beserta personel TNI Polri.

Saat acara syukuran berlangsung, Pangdam XVII/Cen berharap kepada Prajurit Korps Infanteri dalam pelaksanaan tugas ke depan untuk lebih memahami tugas sesuai dengan dinamika yang berkembang saat ini.

Pada kesempatan ini pula, Pangdam didaulat untuk memotong tumpeng sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME dalam peringatan hari Juang Infanteri dan memberikannya kepada Letda Inf Alfandi Luthfi Kurniawan, S.Tr. Han sebagai perwira pembawa Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya.

“Selamat Hari Juang Infanteri, salam Yudha Wastu Pramuka,” tegas Pangdam.