Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Pangdam Cenderawasih Pimpin Upacara Pelepasan Sargas Pamtas RI-PNG

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., selaku Pangkogasgab Papua secara langsung memimpin upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS, Yonmek 403/WP dan Yonmek 512/QY, bertempat di Pelabuhan Pelindo Jayapura, Papua, Senin (13/12/2021).

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., selaku Pangkogasgab Papua secara langsung memimpin upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS, Yonmek 403/WP dan Yonmek 512/QY, bertempat di Pelabuhan Pelindo Jayapura, Papua, Senin (13/12/2021).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/BRS, Yonmek 403/WP Dan Yonmek 512/QY atas segala dharma bakti yang telah diberikan selama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di daerah perbatasan.

Selanjutnya dijelaskan oleh Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., bahwa penugasan yang telah dilaksanakan merupakan bagian dari pengabdian kepada bangsa dan negara yang tidak semua prajurit mendapatkan kesempatan tersebut.

”Oleh karena itu kalian patut bersyukur dan bangga atas amanah yang telah dipercayakan. Disamping itu penugasan ini juga digunakan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat, dengan harapan dapat membantu dan menolong masyarakat serta untuk mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah Perbatasan Indonesia dan PNG,” jelas Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.,

Lebih lanjut, Pangdam XVII/Cenderawasih juga menambahkan bahwa dengan keberhasilan penugasan yang telah dilaksanakan tidak membuat para prajurit cepat puas diri, namun hal tersebut dapat dijadikan sebagai pemacu semangat dan motivasi untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi.

”Pengalaman selama penugasan di daerah perbatasan diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman para prajurit dalam menghadapi tugas-tugas lainnya di masa mendatang. Selain itu dalam perjalanan kembali ke satuan, kalian harus tetap mengutamakan faktor keamanan, kesehatan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan meskipun penyebaran Covid-19 sudah menurun serta hindari hal-hal yang dapat merusak citra TNI AD, Satuan dan diri sendiri,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Diakhir amanatnya Pangdam XVII/Cenderawasih juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran dan keberhasilan penugasan Satgas Pamtas RI-PNG.

“Kiranya dukungan dan kerjasama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap satuan yang melaksanakan tugas di Bumi Cenderawasih,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Hadir dalam pelepasan tersebut, Irdam XVII/Cenderawasih, Danlantamal X Jayapura, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Kabalakdam XVII/Cenderawasih serta Forkopimda Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.