Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Merajut Perbedaan Dalam NKRI Dengan Pancasila

Komunïkasi sosial dengan keluarga besar TNI dan FKPPI di Makorem.

Jayapura – Pemuda memegang peranan penting dalam suksesnya sebuah pembangunan. Diibaratkan pembangunan fisik infrastrutur adalah tanggung jawab pemerintah maka pembangunan jiwa masyarakat merupakan tanggung jawab para pemuda.

Demikian dikatakan komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan saat menggelar komunïkasi sosial dengan keluarga besar TNI dan FKPPI di Makorem, Selasa (22/06/2021).

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa thema yang diambïl adalah “melalui forum sïlahturahmi keĺuarga besar TNI, perkuat Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI”.

“Saya tegaskan bahwa Papua adalah bagian dari Indonesia sudah final. Untuk inilah pemuda bertugas menjaga kedaulatan negara,” ujar Jendral berbintang satu ini.

Dikatakannya pula bahwa setiap komponen masyarakat harus mengambil bagïan dalam penanganan masalah Papua. Ini sangat penting sebab penanganan tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja. Dan peran terpenting menurut Danrem adalah generasi muda.

Generasi milenial merupakan generasi yang berada di persimpangan jalan. Dan membutuhkan pendampingan. “Karena berada di persimpangan jalan maka merupakan salah satu bentuk pendampingan adalah komunikasi sosial seperti saat ini,” ujar Izak Pangemanan.

Dijelaskannya pula beberapa pendampingan lain seperti dibentuknya satu wadah latihan bagi anak anak Papua yang ingin mendaftar sebagai prajurit TNI – POLRI.

“Pendampingan berikutnya adalah pembukaan lahan di Arso sebagai wujud menjaga ketahanan pangan. Dan hal ini diharapkan dapat melahirkan pengusaha Papua yang sukses,” ujar Izak Pangemanan.