Pasific Pos.com
Headline

Maju Pilbup Keerom, Kenius Kogoya : Saya Pulang Kampung

Ketua DPD Hanura Papua, Kenius Kogoya ketika diwawancara usai mengikuti Penyaringan bakal calon kepala daerah di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Selasa, 14 Mei 2024, siang. (Foto Tiara).

Jayapura – Turut meramaikan bursa bakal calon Bupati Keerom dalam Pilkada Serentak tahun 2024, Kenius Kogoya nyatakan siap maju bertarung sebagai 01 Keerom.

Selain itu, Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua ini mengaku telah mendaftar di sejumlah partai politik untuk dapat mengusungnya dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Keerom.

Kepada pers, Kenius Kogoya mengatakan bahwa Pilkada ini merupakan pestanya rakyat yang diselenggarakan lima tahun sekali. Untuk itu lanjutnya, mari kita sama-sama meramaikan pilkada ini. Juga proses yang kita lalui ini, dan bagaimana kita memberikan pendidikan politik kepada generasi-generasi muda yang akan datang.

“Jadi, momentum Pilkada ini siapa saja punya hak yang sama untuk kemudian dia cocok di mana dia boleh mendaftar mencalonkan diri. Itu sebabnya, saya ingin mencalonkan sebagai kepala daerah atau bupati di Keroom,” kata Kenius Kogoya usia mengikuti penyaringan bakal calon kepala daerah di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Selasa, 14 Mei 2024.

Namun ketika disinggung soal bakal calon wakil bupati yang akan mendampinginya, Kenius Kogoya mengakui masih menunggu koalisi dari partai yang mengusung.

“Lalu, kita akan melakukan hitung-hitungan kemudian bisa kita dorong siapa yang terbaik dari usulan dari partai politik kita akan dorong,” jelasnya.

Bahkan, mantan Ketua Komisi E DPR Papua pada periode lalu itu juga mengatakan jika dirinya sudah mendaftar sebagai bakal calon Bupati Keerom di sejumlah partai politik (Parpol). Diantaranya PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan DPP Partai Golkar.

“Ya kita berharap ada dukungan dari semua partai. Karena Keroom perlu perubahan. Sebab, salah satu kabupaten yang menjadi penyangga untuk daerah kota ini adalah Keroom, maka kita harus perlu persiapkan swasembada pangan tanaman pangan holtikultura. Itu semua harus kita persiapkan untuk bagaimana mendukung membackup Kota Jayapura,” ujar Kenius Kogoya yang juga sebagai Ketua Umum KONI Papua.

Apalagi ungkap Kenius, Keerom adalah kampung halamannya, sehingga ia memilih untuk maju dalam Pilbub Keerom, karena Keerom tidak asing lagi baginya.

Soal memilih maju dalam Pilbup Keerom, Kenius Kogoya menambahkan, jika Keerom tidak asing lagi baginya. Sebab, Keerom adalah kampung halamannya.

“Ini saya pulang kampung. Kampung saya di PIR 1, yakni Kampung Yanama. Jadi, Kenius Pulang Kampung di Keerom,” tandasnya. (Tiara).