Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Lewat BPJS Keliling, BPJS Kesehatan Perluas Kanal Layanan JKN di Papua

Kasmawati, peserta JKN.

Jayapura – Kasmawati seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Koya Koso, Kota Jayapura, Papua mengaku terbantu dengan kehadiran pelayanan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) keliling secara langsung di Puskesmas Koya Barat.

BPJS Keliling melayani administrasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara langsung kepada masyarakat secara mobile yang dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) lalu.

“Sebagai seorang IRT, kegiatan sehari-hari saya cukup padat mulai dari mengurus anak, menyiapkan makanan, serta mengurus rumah dan kegiatan rumah tangga lainnya. Ketika ada keperluan yang mendadak, seperti perubahan administrasi kepesertaan JKN, saya merasa terbantu dengan adanya BPJS Keliling yang langsung jemput bola membantu masyarakat,” ungkap Kasmawati.

Kasmawati menyampaikan, mengetahui layanan BPJS Keliling saat hendak menuju perjalanan ke Koya. Dia melihat mobil BPJS Kesehatan yang sedang memberikan pelayanan di Puskesmas Koya Barat.

“Saya awalnya hendak menunju Koya karena ingin menjemput anak saya sekolah, namun secara kebetulan saya melihat ada mobil BPJS Kesehatan di Puskesmas Koya Barat. Saya merasa beruntung sekali, karena kebetulan saya memang ingin ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mengecek status kepesertaan,” ucapnya.

Kasmawati menceritakan proses pelayanan yang diberikan sangat baik dan ramah. Petugas menjawab pertanyaan yang diajukan dengan jelas dan mudah dipahami. Selain itu, ia juga diberikan edukasi mengenai layanan melalui Aplikasi Mobile JKN, agar bisa mengakses pelayanan secara daring cukup melalui gawai.

“Petugas yang melayani sangat baik dan menjawab pertanyaan saya dengan jelas. Selain itu, saya jga dibekali dengan informasi terbaru mengenai JKN, salah satunya pelayanan non tatap muka melalui Aplikasi Mobile JKN,” terangnya.

Kasmawati menambahkan, petugas mengarahkan saya untuk mendownload terlebih dahulu hingga akhirnya saya melihat beberapa fitur didalamnya. Saya sangat tertarik dengan fitur konsultasi dokter yang didalamnya, karena bisa berkomunikasi secara langsung melalui fitur chat dengan dokter yang bersangkutan.

Kasmawati sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan atas pelayanan yang telah diberikan. Ia juga memuji atas inovasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan. Ia menganggap pelayanan BPJS Keliling dan fitur yang ada di Mobile JKN telah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses pelayanan dari beragam kanal yang tersedia, terlebih lagi pelayanan tersebut terus mengikuti perkembangan zaman.

“Pelayanan BPJS Keliling dan aplikasi Mobile JKN telah membuktikan BPJS Kesehatan terus melakukan transformasi mutu layanan. Saya berharap agar JKN terus berlanjut agar banyak masyarakat yang semakin terbantu. Beragam kanal yang tersedia, diharapkan menjadi sumber informasi dan edukasi bagi masyarakat yang belum terdaftar, mari jadi peserta JKN agar terlindung dari risiko kesehatan,” ujar Kasmawati

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase menjelaskan bahwa BPJS Keliling telah memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah kerja cabang jayapura.

Menurutnya, pelayanan ini memanfaatkan mobil khusus yang disediakan kantor untuk kemudian memberikan pelayanan secara mobile dari satu tempat ke tempat lainnya, mulai dari kecamatan, keluaraha, puskesmas, dan lokasi strategis lainnya.

“BPJS Keliling membantu masyarakat yang kesulitan untuk mengurus administrasi JKN, tanpa harus datang ke kantor cabang. Dengan layanan ini, menjadi pelengkap jangkauan layanan kepada masyarakat secara luring menggunakan strategi jemput bola,” ucap Deny, Minggu (24/12/2023).

Deny menyampaikan harapannya kepada seluruh masyarakat di wilayah Jayapura dan sekitarnya agar memanfaatkan layanan BPJS Keliling. Dia mengatakan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan relatif sama dengan ada yang di kantor cabang, mulai dari pendaftaran dan perubahan data peserta, permintaan informasi, sampai dengan layanan pengaduan dan keluhan.

“Mari sama-sama manfaatkan BPJS Keliling ini untuk kemudahan Peserta JKN. Jika terdapat permintaan dari distrik/kelurahan/komunitas/instansi terkait, tentu dengan senang hati kami akan hadir dan membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan,” ajak Deny.