Pasific Pos.com
HeadlineInfo Papua

KPU Papua Perkenalkan Katura, Maskot Pilkada 2024

Katura, maskot Pilkada Papua. (Foto : Sari)

Jayapura – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memperkenalkan Katura, maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Papua tahun 2024.

Maskot tersebut diperkenalkan saat launching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di halaman kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura, Sabtu (25/5/2024) malam.

Kepala Bagian Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Papua, Allen Ardian Pongoh mengatakan, maskot tersebut merupakan karya salah satu peserta sayembara yang digelar KPU Papua beberapa waktu lalu.

“Katura yang merupakan kepanjangan dari Kaka Tua Raja, juga memiliki arti lebih mendalam yaitu “Anak dari kulit hitam (Afrika) yang meringankan beban,” jelas Allen di Jayapura, Senin (27/5/2024).

“Dengan harapan, KPU Provinsi Papua menjadi jembatan terpilihnya putra putri terbaik Papua, yang bukan hanya sekedar memimpin, tetapi juga mengayomi dan meringankan beban rakyat Papua,” tambah Allen.

Karakter tersebut, kata Alen, terinspirasi dari burung Kaka Tua Raja. Dipilihnya burung sebagai maskot KPU Papua menjadi bagian tertinggi dalam sebuah pemilih tanpa bisa di intervensi dari pihak manapun, yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi tetap hidup dengan wibawa yang merakyat.

Berikut filosofi maskot Katura :

Hitam

Dapat menggambarkan kewibawaan, keanggunan, kehormatan, kekuatan bahkan kemewahan serta kesan elegan sesuai dengan karakter dari rakyat Papua yang memiliki tetap hidup dengan wibawa yang merakyat.

Kombinasi merah

Menandakan keberanian untuk kostum yang digunakan hanyalah kaos oblong sederhana dengan sedikit ukiran Papua serta rok rumbai yang dimodifikasi lebih modern tanpa menghilangkan ciri khas Papua yang menggambarkan kesederhanaan masyarakat Papua.

Phose karakter

Yang memperlihatkan memegang surat suara menandakan KPU Provinsi Papua lebih transparan saat ini, serta salah satu jari yang telah tercelup tinta adalah simbol ajakan untuk seluruh masyarakat Papua untuk menggunakan hak pilihnya.

Selain maskot, KPU Papua juga memperkenalkan jingle Pilkada berjudul Tifa Pilkada yang diciptakan oleh Billy Tokoro dan dinyanyikan oleh Nogei, duo vokalis asal Papua yaitu Stephen Wally dan Michael Jakarimilena.

Allen menyampaikan bahwa tahapan Pilkada sedang berjalan, oleh karena itu, KPU berharap masyarakat lebih jeli dalam memilih dan mengikuti perkembangan visi misi calon pemimpin. (Sari)