Pasific Pos.com
Papua Barat Sosial & Politik

Kontribusi PLN Manokwari dalam Penanganan Kelangkaan Ketersediaan Darah di Tengah Pandemi

Aksi sosial donor darah kerjasama PLN Manokwari dan PMI. (Foto : Istimewa)

Manokwari – Dalam rangka semarak perayaan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-76, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari melaksanakan kegiatan donor darah.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari, kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Aula Haundamti Kantor PLN UP3 Manokwari, Senin (18/10/2021) sejak pukul 09.00 WIT.

Tidak hanya melibatkan pegawai PLN, peserta aksi sosial ini juga diikuti Manager PLN UP3 Manokwari, Roberth Rumsaur bersama manajemen pegawai PLN Group dan Tenaga ALih Daya lainnya turut ambil bagian hingga berakhirnya kegiatan donor darah.

Roberth Rumsaur menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu komitmen PLN untuk terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

“HLN seyogyanya tidak kita rayakan hanya dengan acara-acara seremonial ataupun perlombaan saja, namun ini menjadi refleksi dan kewajiban bagi PLN untuk terlibat juga dalam kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak positif bagi masyarakat,” ucapnya.

“Mengingat bahwa kebutuhan darah merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu banyak jiwa, namun ketersediaan darah yang seringkali terbatas menjadi salah satu penghambat ketika terjadi sesuatu seperti bencana non alam pandemi Covid-19,” sambungnya.

Administrator Unit Transfusi Darah PMI Manokwari, Abdullah Patty, mengatakan, kebutuhan darah di Kota Manokwari 1.500 kantong per bulan.

Terkait dengan pelaksanaan tersebut, pihaknya menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang dilakukan oleh PLN UP3 Manokwari.

“Warga sebagai pendonor bisa langsung ke PMI atau seperti yang dilakukan PLN menggelar Donor Darah dapat langsung menghubungi PMI atau bisa juga datang ke Unit Transfusi Darah PMI Manokwari,” kata Abdullah Patty.

“Tentu kami juga berterimakasih kepada PLN karena sudah membantu melalui kegiatan donor darah ini. Kami harap kerjasama ini ke depan bisa terus terjalin dan jumlah pendonor pada kegiatan berikutnya dapat terus bertambah,” ucapnya.

Salah seorang pendonor Hasan Maulana mengaku rutin mendonorkan darahnya, namun sejak ada pandemi, dirinya mengaku was -was untuk melakukan donor darah.

“Namun, setelah mendapat penjelasan dari pihak PMI, saya mau mendonorkan darah lantaran sudah melihat langsung para pendonor lainnya merasa aman dan nyaman,” kata Hasan.

Menurutnya, donor darah kali ini sangat aman dan nyaman, selain untuk kesehatan, juga ikut membantu orang lain yang membutuhkan darah.

Untuk diketahui, aAksi kemanusiaan ini berhasil mengumpulkan 23 Kantong darah yang akan disimpan sebagai persediaan di Unit Transfusi Darah PMI Manokwari. (Red)